• +6281 1987 271

Bank Indonesia Gandeng LAZ Al Azhar Luncurkan Program Desa Berdikari di Tasikmalaya

Bank Indonesia Gandeng LAZ Al Azhar Luncurkan Program Desa Berdikari di Tasikmalaya


UMMATTV, TASIKMALAYA - Dalam rangka meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan petani, LAZ Al Azhar bersama Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia meluncurkan program Desa Berdikari yang berada di Desa Tanjungpura, Rajapolah, Tasikmalaya, Selasa (05/10). Acara ini dihadiri oleh Deputi DEKS BI Diana Yumanita secara virtual, Direktur LAZ Al Azhar H. Daram, Kepala BI Kantor Perwakilan Tasikmalaya Darjana, Kepala Desa Tanjungpura Ujang serta aparatur pemerintah dari Kabupaten Tasikmalaya.

Camat Rajapolah Yana Hermana mengaku bersyukur Desa Rajapolah menjadi lokasi program Desa Berdikari karena ini satu-satunya yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. "Semoga dengan adanya program ini bisa menciptakan ketahanan pangan di desa kami, dan bisa menginspirasi desa-desa lainnya", ujar Yana.

Kedepan, Yana ingin bisa mengembangkan pertanian milenial dan green farming berbasis teknologi agar juga bisa memberdayakan petani dari kalangan anak muda.

Direktur LAZ Al Azhar H. Daram mengungkapkan Bank Indonesia memiliki spirit yang sama dengan LAZ Al Azhar yakni ingin memberdayakan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan, sehingga tercipta kolaborasi indah dalam program Desa Berdikari. "Saya bersyukur banyak yang mendukung program pemberdayaan LAZ Al Azhar terutama dari Bank Indonesia yang sebelumnya kita juga sudah MoU program serupa di daerah Lamongan, Jawa Timur. Kedepan kita berkomitmen kuat untuk memajukan produk pertanian dan anyaman Desa Tanjungpura agar bisa menembus pasar nasional dan internasional", jelas Daram.

Sementara itu, Deputi DEKS BI Diana Yumanita mengungkapkan sejak 2018 sudah bekerjasama dengan LAZ Al Azhar dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. "Alhamdulillah meski dalam kondisi new normal pasca pandemi, kita masih terus berkolaborasi yang Insyaallah bisa menghadirkan manfaat yang banyak bagi masyarakat", jelasnya.

Acara launching kemudian dilanjutkan dengan simbolisasi pemukulan gong oleh Kepala BI Kantor Perwakilan Tasikmalaya Darjana diiringi pemukulan kentongan tanda diresmikannya program Desa Berdikari, dilanjutkan dengan menggunting pita peresmian Saung Ilmu, Gedung Rice Milling Unit (RMU), dan Lumbung Pangan yang berfungsi sebagai instrumen ketahanan pangan Desa Berdikari Tanjungpura.

Sebelumnya :
Selanjutnya :