• +62852-9938-0971

BAZNAS Gelar Pelatihan Dai di Permukiman Suku Anak Dalam Jambi

BAZNAS Gelar Pelatihan Dai di Permukiman Suku Anak Dalam Jambi

UMMATTV JAMBI--BAZNAS melalui Zakat Community Development (ZCD) menggelar pelatihan dai di permukiman Suku Anak Dalam (SAD), Desa Dwi Karya Bakti, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Jambi. Hal itu guna membentuk kader-kader lokal yang religius, berkarakter, berkualitas, dan bertanggung jawab.

Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari pada Sabtu-Minggu, 19-20 Desember 2020, di Balai Desa Dwi Karya Bakti. Kegiatan turut melibatkan anak-anak dan remaja setempat.

Selain praktik ibadah peserta, pada acara itu narasumber juga memberikan materi dasar tentang keagamaan.

Acara pelatihan yang dikemas dengan konsep informal ini, menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Ketua BAZNAS Kabupaten Bungo Drs H Dumminis, perwakilan Kampung Dongeng Islami Rizka, dan Aktivis Masjid Syamri. Praktik ibadah yang dilaksanakan peserta berjalan dengan lancar, semua peserta tampak sudah menguasai rukun salat, tata cara berwudhu, bacaan salat, ayat-ayat pendek, rukun iman, rukun Islam, serta tata cara azan, dan Iqomat.

Materi Kisah ketauladanan Nabi Muhammad SAW yang dituturkan melalui metode bercerita dengan boneka tangan oleh Rizka, sangat efektif dirasakan peserta. Anak-anak sangat antusias mendengar materi dan dapat mengambil hikmah serta nilai-nilai baik yang harus ditauladani dan diterapkan dalam keseharian mereka.

Masyarakat Suku Anak Dalam sangat berharap dengan adanya pelatihan kader ini mampu membentuk karakter anak-anak mereka menjadi lebih religius. Pelatihan ini pun bukan hanya sebagai media untuk mengembangkan kemampuan semata, melainkan juga berfungsi untuk membentuk watak dan karakter anak-anak yang bermartabat.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :