BNPB Berikan Penghargaan Kepada 44 Komunitas Peduli Sungai Provinsi Maluku

BNPB Berikan Penghargaan Kepada 44 Komunitas Peduli Sungai Provinsi Maluku

(AMBON) Ummattv.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan penghargaan kepada 44 Komunitas Peduli Sungai (KPS) atas dedikasinya dalam menjaga lingkungan dan merawat ekosistem sungai sebagai sumber penghidupan sekaligus upaya pengurangan risiko bencana di Provinsi Maluku. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Tahun 2021 yang diselenggarakan di Kota Ambon.

Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, SE., M.M., didampingi Gubernur Maluku Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Murad Ismail hadir menyerahkan penghargaan itu kepada lima perwakilan KPS di kampus IAIN Ambon, Maluku, Selasa (19/10). Kelima perwakilan KPS tersebut meliputi KPS Kalesang Negeri Soya sebagai pengelola Daerah Aliran Sungai (DAS) Batugajah, KPS Oriental di DAS Batu Gantung, KPS Hatukau yang mengelola DAS Sungai Batu Merah, KPS Alstonia dan KPS Kalesang Soya.

Pada acara  penyerahan tersebut, Kepala BNPB Ganip Warsito memberikan apresiasi sekaligus arahan kepada para penerima, bahwa melalui penghargaan tersebut maka tanggung jawab juga semakin besar. Tentunya hal itu berkaitan dalam konsistensi dalam merawat dan menjaga alam sebagai langkah pengurangan risiko bencana untuk jangka panjang.

“Penghargaan yang anda terima ini merupakan bentuk konsistensi yang baik dan teruslah lebih baik dalam menjaga dan merawat sungai. Tanggung jawab anda semakin besar. Teruslah bersemangat,” ucap Ganip kepada penerima penghargaan.

Dalam sambutannya, Ganip menegaskan bahwa pengelolaan dan pelestarian sungai serta lingkungan sekitar perlu dilakukan secara konsisten mulai dari hulu hingga hilir. Menurut Ganip, tanpa pengelolaan dan pelestarian yang baik maka dapat menimbulkan adanya lahan kritis.

Lahan kritis yang terus mengalami peningkatan dapat berdampak pada kehidupan manusia, antara lain berkurangnya supply air di wilayah hilir, petensi pencemaran air sungai, timbulnya bahaya banjir di musim hujan dan kekeringan di musim kemarau, erosi dan sedimentasi yang juga dapat terjadi apabila sungai tidak dikelola dengan baik.

"Dengan melihat pentingnya sungai bagi kehidupan manusia, maka aktivitas pengelolaan dan pelestarian sungai menjadi hal penting untuk dilakukan secara terus menerus,” kata Ganip.

Guna mencegah terjadinya dampak buruk tersebut, Ganip menekankan beberapa hal penting yang perlu dikembangan dalam kegiatan pelestarian lingkungan sungai antara lain adalah terwujudnya koordinasi, kampanye pelestarian lingkungan hidup, pelaksanaan identifikasi dan analisa daerah sungai yang memerlukan perhatian lebih, terwujudnya pemberdayaan masyarakat dan pemanfaatan tanaman yang bermanfaat dari segi ekologi dan bernilai ekonomi.

Dari beberapa hal tersebut, Ganip berharap kelak upaya itu mampu memberikan dampak yang baik bagi kehidupan manusia mendatang serta dapat menjadikan indeks risiko bencana dapat diperkecil untuk jangka panjang.

“Output yang diharapkan adalah meningkatnya produktivitas lahan dan pemanfaatan sungai sebagaimana fungsi alaminya. Sedangkan outcome yang paling penting adalah menurunnya indeks risiko bencana,” terang Ganip.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Maluku Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Murad Ismail memberikan apresiasi kepada BNPB yang telah memberikan kepercayaan kepada Provinsi Maluku sebagai tuan rumah Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2021.

Kegiatan yang diinisiasi BNPB tersebut menurut Murad Ismail, sekaligus menjadi pendorong semangat bagi para relawan muda yang tergabung dalam Komunitas Peduli Sungai.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Maluku, saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kepala BNPB beserta rombongan yang telah menunjuk Provinsi Maluku sebagai tuan rumah penyelenggaraan Bulan PRB tahun 2021,” kata Murad.

Murad juga berkomitmen dan meminta agar Pemerintah Provinsi Maluku selalu dilibatkan dalam rangka pelestarian sungai maupun lingkungan lainnya. Murad memahami bahwa peran relawan akan sia-sia apabila pemerintah tidak hadir membantu mengatasi permasalahan yang ada mulai hulu hingga hilir.

"Jangan tinggalkan air mata untuk anak cucu kita. Tetapi tinggalkanlah mata air untuk mereka. Melalui kegiatan ini, kita diingatkan untuk memberi sesuatu yang baik untuk anak cucu kita. Tolong libatkan saya dalam kegiatan yang baik untuk sesama,” tandas Murad.

Usai menyerahkan penghargaan kepada 44 KPS di Provinsi Maluku, Kepala BNPB Ganip Warsito kemudian memberikan kuliah umum penanggulangan bencana kepada mahasiswa IAIN Maluku.

Sebelumnya :
Selanjutnya :