• +6281 1987 271

Budidaya Ikan Berbasis Pondok Pesantren di Wajo Diapresiasi Pemerintah Setempat

Budidaya Ikan Berbasis Pondok Pesantren di Wajo Diapresiasi Pemerintah Setempat

UMMATTV, WAJO--Laznas Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) melaksanakan kegiatan Panen Budidaya Ikan Nila dan Lele, berlokasi di Pondok Pesantren Abu Bakar Ash Shiddiq, Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah pada hari Sabtu, 16 Juli 2022.

Menjadi hari yang membahagiakan bagi para santri, pengasuh dan masyarakat sekitar sebab ini menjadi program pemberdayaan ekonomi kalangan santri peretama yang dilaksanakan di tempat tersebut.

Asrianto selaku penanggungjawab program mengatakan ada lima kolam yang dimanfaatkan dari total sepuluh kolam.

Ia pun menjelaskan, tidak hanya budidaya ikan saja yang akan difokuskan, namun rencana ke depan akan muncul beberapa program semisal, yakni peternakan kambing, persawahan, budidaya Maggot, Koperasi, mini market dan lain-lain.

Dalam kegiatan ini juga, Asisten III Administrasi Umum Kabupaten Wajo, H. Narwis, SE. M.Si., mengatakan jika pondok ini sebagai perwajahan Kabupaten Wajo secara khusus yang memiliki empat dimensi laut, danau, sungai dan daratan.

“Sama seperti pesantren ini, didalamnya beragam, ada banyak potensi yang bisa kita berdayakan,” ucapnya.

Ia berharap kelak akan ada kolaborasi yang apik antara pihak pemerintah dan pengelola pondok bersama WIZ dalam kerangka membantun mobilitas ekonomi berasas kaum santri di Kabupaten Wajo.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wajo, Dr. H. Muhammad Yunus, S. AG, M. Ag., mengapresiasi bahwa ada hamba Allah yang mewakafkan tanahnya yang tidak sedikit yang bisa manfaatkan ummat.

“Begitu juga dengan yang mau mengurus wakafnya karena ini jauh lebih sulit dan sangat bersyukur karena keduanya itu berkumpul di pondok ini. Insya Allah kami dari kementerian agama akan membantu sehingga kedepan ponpes kita semakin eksis menjadi sebuah lembaga yang resmi,” urainya.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :