• +6281 1987 271

Cerdaskan Anak Bangsa Melalui Sekolah Inspirasi

Cerdaskan Anak Bangsa Melalui Sekolah Inspirasi

UMMATTV MAKASSAR- Wahdah Islamiyah sebagai Organisasi Kemasyarakat yang berpusat di Makassar, salah satu bidang garapan adalah pendidikan. Sebagaimana muktamar IV yang baru saja dilaksanakan akhir tahun 2021 mengambil tema "Mewujudkan Indonesia Jaya dengan Pendidikan Paripurna dalam Wasathiyah Islam."

Wujud nyata Wahdah Islamiyah ikut dalam mencerdaskan bangsa melalui pendidikan, salah satunya mendirikan Sekolah Inspirasi. Konsep sekolah dengan biaya gratis dengan tidak meninggalkan konsep pendidikan yang berkualitas dikhusukan bagi anak-anak dhuafa. Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) sebagai lembaga yang konsen mengelola sekolah mulai tingkat pendidikan diniyah hingga perguruan tinggi. Bersinergi dengan Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) sebagai lembaga filantropi dan kemanusiaan dibawah naungan Ormas Wahdah Islamiyah.

Ketua BIdang IV DPP Wahdah Islamiyah. Ir. Iskandar Kato, M.Si membawahi bidang pendidikan dan pengembangan sekolah, saat ditemui Ummat TV usai mengadakan pertemuan dengan pihak YPWI dan WIZ, Kamis (19/05/2022). “Sekolah inspirasi ini sebagai program pilot project pertama di Makassar, dan selanjutnya akan kami buka di berbagai daerah dimana DPD Wahdah Islamiyah berada”, harapnya.

Lebih lanjut alumnus Unhas tersebut mengemukakan bahwa secara kelembagaan ormas Wahdah Islamiyah ingin membantu negara dalam bidang pendidikan, ikut dalam mencerdaskan anak bangsa dalam pemberantasan buta aksara dan Al-Qur’an. “Konsep pendidikan kami adalah Al-Qur'an, kami ingin masyarakat golongan dhuafa, dimana anak-anak mereka bisa berkesempatan mengecap pendidikan dengan kualitas yang baik," ujarnya.

Hal yang sama disampaikan ketua WIZ Pusat Syahruddin saat ditemui di kantor YPWI usai mengadakan pertemuan seputar Sekolah Inspirasi. Program WIZ di bidang pendidikan adalah Sekolah Inspirasi. Sekolah inspirasi zakat menjadi satu instrumen untuk memperbaiki ummat yaitu dengan memperbaiki pendidikannya.  "Kami mengajak untuk bersama-sama kepada para Muhsinin dan Muzakki dimana pun berada, mari bekerja sama dalam program kebaikan ini. Semoga program ini menjadi jalan memperbaiki ummat kelak, sekaligus menjadi amal jariyah kita." 

,

Ketua YPWI. Ir. Nursalam Siradjuddin menyatakan, sekolah inspirasi ini, dari sisi kualitas dan layanan sama dengan sekolah reguler dikelola oleh lembaga di bawah naungan YPWI. Masalah waktu belajarnya, mengambil siang hari hingga sore, karena gedung yang digunakan sama dengan sekolah reguler. "Penerimaan murid baru TA 2022-2023, kami menerima kelas 1 sebanyak 50 anak, dengan penempatan sekolah di tiga lokasi. Pertama sekolah SD Wihdatul Ummah, jalan Abdullah Dg Sirua, kedua sekolah SD Wahdah Islamiyah 01 Antang, dan ketiga SD Qur'an Wahdah Islamiyah berlokasi di Hertasning" Makassar", jelasnya.

Sekolah inspirasi ini semoga menjadi bagian dari bantuan muhsinin dan muzakki mari bersama WIZ untuk bekal dalam akhirat kelak. Berharap program kebaikan ini jadi keberkahan dalam hidup dan harta yang akan kita tinggalkan. Amanah yang sangat mulia, dan mempertegas keberpihakannya lebih nyata  dan bersifat jangka panjang.

Sebelumnya :
Selanjutnya :