• +6281 1987 271

Innalillahi, Pakar Fikih Prof Huzaemah Tahido Yanggo Wafat

Innalillahi, Pakar Fikih Prof Huzaemah Tahido Yanggo Wafat

UMMATTV, JAKARTA--Umat Islam kembali berduka. Rektor Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta dan pakar fiikih, Prof Dr Hj Huzaemah Tahido Yanggo meninggal dunia setelah berjuang melawan Covid-19.

"Telah berpulang ke rahmatullah, Prof. Dr. Huzaemah Tahido Yanggo, MA, pada hari ini, Jumat, 23 Juli 2021 pukul 06.10 WIB di RSUD Banten," dikutip dari akun Facebook Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jumat (23/7/2021).

Selain Rektor IIQ Jakarta, Huzaemah juga Ketua Dewan Pertimbangan Akademik dan dosen Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ia dilahirkan di Donggola, Sulawesi Tengah pada 30 Disember 1946. Sejak tahun 2014 sebagai Rektor IIQ Jakarta. Beliau memperoleh Ph.D dalam ilmu fiqih perbandingan mahzab dari Universitas al-Azhar di Kaherah Mesir pada tahun 1981 dengan cumlaude.

 Dilansir dari situs resmi iiq.ac.id, beliau menerima gelar doktor pada tahun 1984 dalam bidang dan dari universitas yang sama dengan predikat cumlaude.

Huzaemah adalah wanita pertama dari Indonesia yang mendapat Ph.D dari Universitas Al-Azhar. Semasa hidupnya, dia juga pernah memegang jabatan Pembantu Dekan I di Fakultas Syariah dah Hukum, Universitas Islam Indonesia (UIN), Direktur Program Pascasarjana Institut Ilmu al-Quran (IIQ) Jakarta, Dosen pascasarjana UIN Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Universitas Indonesia.

Ia menjadi anggota Komisi Fatwa MUI Pusat sejak tahun 1987, menjadi anggota Dewan Syariah Nasional MUI sejak 1997 dan sejak 2000, menjadi ketua MUI Pusat Bidang Pengajian dan Pengembangan Sosial.

Sebelumnya :
Selanjutnya :