• +6281 1987 271

Kak Bekky: Ingin Sukses Berwirausaha, Lakukan Lima Tahapan

Kak Bekky: Ingin Sukses Berwirausaha, Lakukan Lima Tahapan

Menjadi wirausahawan atau enterpreneur yang sukses sangat diimpikan oleh banyak orang. Impian tersebut sebenarnya dapat diwujudkan dengan sangat mudah, jika seorang pengusaha ataupun calon pengusaha mau melalui lima tahapan penting

Menjadi wirausahawan atau enterpreneur yang sukses sangat diimpikan oleh banyak orang. Impian tersebut sebenarnya dapat diwujudkan dengan sangat mudah, jika seorang pengusaha ataupun calon pengusaha mau melalui lima tahapan penting. Tanpa melalui lima tahapan tersebut, mustahil impian menjadi wirausahawan sukses bisa dicapai.

Demikian disampaikan seorang pengusaha sukses di bidang pendidikan, Kak Bekky, ketika berkunjung ke kantor redaksi Ummat TV, Sabtu malam (26/6/2021). Dalam kunjungan tersebut, Bekky diterima oleh Kepala redaksi Ummat TV, Anwar Aras, beserta seluruh jajarannya.

Menurut Bekky, tahapan pertama yang harus dilakukan seorang pengusaha atau calon pengusaha adalah silaturahmi. Dalam agama kita dianjurkan untuk banyak bersilaturahmi. Karena dengan silaturahmi, kita diberi banyak link (jaringan) yang melalui link-link tersebut kita akan memperoleh rezeki dan kesuksesan, termasuk kesukssan dalam berwirausaha.

Selanjutnya, menurut Bekky, tahapan kedua adalah komunikasi. Lalukan komunikasi yang baik dengan link-link yang telah kita peroleh, sehingga kita bisa diberi order oleh mereka, meskipun kita tidak memintanya secara langsung. “Alhamdulillah, umumnya saya diberi order mengajar les privat anak-anak pejabat, konglomrat, hingga selebritis, karena saya berusaha membangun komunikasi dengan siapa saja tanpa memandang latar belakang mereka. Dan ternyata mereka pada umumnya kenal, bahkan merupakan sahabat maupun kerabat dari para pejabat, konglomerat, serta selebritis,” ungkap pengusaha provider guru les privat terbesar di Indonesia tersebut.

“Tahapan ketiga adalah interaksi. Setelah terjalin silaturahmi dan komunikasi, jangan lupa lakukan interaksi yang baik, sehingga kita dipercaya oleh pelanggan. Artinya, kuantitas dan kualitas yang kita berikan kepada pelanggan harus senantiasa terjaga. Jangan sampai tidak amanah, yang membuat kita tidak lagi dipercaya oleh pelanggan,” pesan Bekky.


Tahapan keempat yang harus dilakukan adalah kolaborasi. Kita harus sadar, kata Bekky, bahwa kesuksesan tidak akan dicapai jika kita tidak berkolaborasi dengan orang lain. Karena seseorang bisa sukses juga karena dibantu oleh orang-orang yang dikenal maupun tidak dikenal. “Jangan berkhianat, atau menelikung orang-orang yang telah berjasa membuka peluang kita untuk bersilaturahmi, berkomunikasi, hingga berinteraksi dengan para pelanggan kita,” nasehat Bekky.

“Setelah kita melakukan tahapan-tahapan di atas, maka dengan sendirinya kita akan melakukan transaksi. Istilah yang dipakai para milenial sekarang, kita bisa closing, terima order baru, atau melanjutkan order yang telah kita jalankan. Dan perlu diingat, dalam setiap tahapan, Allah swt. Tidak boleh dilupakan. Karena segalanya bisa terjadi jika dikehendaki oleh-Nya,” pungkas pria asal Tegal, Jawa Tengah ini.

Kak Bekky dikenal sebagai pengusaha sukses di bidang pendidikan. Selama beberapa tahun terakhir, SKM-UI, perusahaan provider guru les privat yang didirikannya telah berkembang pesat, dan kini telah melayani berbagai kota seluruh Indonesia. Bersama rekan-rekannya, Bekky mendirikan WPI (Wirausaha Pelajar Indonesia), lembaga NGO yang aktif memberikan motivasi,

Sebelumnya :
Selanjutnya :