Memahami Makar Allah

Memahami Makar Allah

Oleh KH Bachtiar Nasir

Bismillahirrahmanirrahiim

Ummattv, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam surat Ali Imran ayat 54:

وَمَكَرُوا۟ وَمَكَرَ ٱللَّهُ ۖ وَٱللَّهُ خَيْرُ ٱلْمَٰكِرِينَ

"Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya."

Apa yang dimaksud dengan makar Allah? Apakah Allah Yang Maha Rahman dan Rahiim menginginkan kerusakan dan bencana terjadi pada mahluk-Nya? Berkaitan dengan kata makar Allah Ta’ala ini, saya merasa perlu untuk menjelaskan makna apa di balik makar Allah. 

Makar Allah, sejalan dengan sifat-Nya yang Maha Pengasih dan Penyayang, tentu muaranya adalah jalan untuk mencapai maslahat dan kebaikan umat ini. Kata makar biasanya berhubungan dengan kekuasaan. Oleh karena itu, makar Allah pastilah berkaitan dengan musuh-musuh-Nya yang ingin disetarakan kekuasaannya di samping Allah Subhanahu wa Ta'ala. Walau mereka karena kebodohannya, tidak akan pernah mencapai kesetaraan itu dan yang mereka miliki pun hanya terbatas dan sementara. 

Disebabkan oleh “terbatas dan sementara” itulah, Allah Ta’ala hendak merendahkan kekuasaan yang mereka miliki dengan membalas kesombongan dan kesewenang-wenangan mereka dengan penghinaan. Ini bisa kita lihat dengan apa yang tengah terjadi saat ini.

Empat puluh tahun terakhir, dunia Islam tercabik-cabik dengan penjajahan dan adu domba yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak senang dengan Islam. Mereka merasa menang dan memiliki kekuasaan yang sangat besar sehingga mereka melakukan perusakan dan menimpakan bencana bagi umat Islam. Terutama terhadap umat Islam yang menjadi minoritas. 

Akan tetapi, kini peta peperangan itu telah bergeser. Kini mereka sibuk berperang dengan sekutunya –sesama musuh Allah. Di saat umat Islam tengah sibuk dengan keadaan dirinya sendiri yang terpecah belah dan berusaha untuk kembali berdiri, orang-orang zalim itu beperang dengan sesama mereka. Inilah yang dimaksud dengan makar Allah Azza wa Jalla. Yaitu, pembalasan Allah atas kedzaliman yang dilakukan oleh orang-orang yang selama ini memusuhi agama Allah yang Mahatinggi. 

Walaupun tidak bermaksud untuk mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan, dimana perang pastinya akan lebih banyak memakan korban orang-orang yang tidak bersalah. Namun, inilah yang terjadi. Manakala Allah menunjukkan kekuasaan-Nya tanpa mesti menggunakan cara biasa yang dilakukan oleh manusia. 

Makar atas umat Islam senantiasa mereka lakukan semenjak Perang Dunia I, Perang Dunia II, dan hingga hari ini. Tak terhitung korban nyawa dan darah kaum muslimin. Tujuannya tentu saja buruk yaitu ingin menghancurkan kekuatan Islam yang kini berhadap-hadapan dengan hegemoni kapitalisme; pasca hancurnya kekuatan komunisme yang dulu diwakili oleh Uni Soviet. Hingga hari ini, mereka terus menindas umat Islam. Melalui berbagai tipu daya baik kekerasan fisik, ekonomi maupun politik. 

Umat Islam hari ini tak berdaya, tidak punya kekuatan yang dapat diandalkan, dan terpecah belah. Di saat kondisi kritis seperti inilah pertolongan Allah datang, berupa makar-Nya yang menyebabkan orang-orang zalim saling berhadapan dalam pertempuran. Makar Allah ini tidaklah sama dengan makar yang selama ini dilakukan oleh orang-orang zalim. Tipu daya yang dilakukan-Nya tidak lain adalah balasan atas tipu daya yang dilakukan oleh orang-orang zalim. 

Apa yang terjadi hari ini tidak lain adalah seperti yang Allah pesankan kepada hamba-Nya yaitu dalam surat Ali Imran ayat 200.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱصْبِرُوا۟ وَصَابِرُوا۟ وَرَابِطُوا۟ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.” 

Bersabarlah

Ishbiru washabiru warabithu. Bersabarlah, kuatkanlah kesabaran, tetaplah bersiap-siaga dan bertakwalah agar pertolongan Allah Azza Wajalla datang karena kemenangan itu akan diraih dalam ketakwaan. Jika ingin pertolongan Allah Ta’ala datang, maka kita harus bersabar. Termasuk bersabar atas diri kita sendiri. Jangan asal mengomentari setiap kejadian tanpa mengetahui duduk masalah yang jelas.

Jangan asal menyebarkan spekulasi tanpa fakta; bahkan bila kita melihat dengan mata kepala sendiri, tapi tanpa tahu penyebab yang melatarbelakangi. Ingatlah kata ulama bahwa tidak semua hal harus dikomentari, cukuplah disebut sebagai orang bodoh yaitu orang yang selalu mengomentari segala sesuatu yang terjadi. Inilah kekuatan akal seseorang, terutama di zaman sosial media ini. 

Seorang Muslim haruslah berbuat dengan akalnya. Harus mempertimbangkan apa yang akan menimpanya. Jangan berpikir, cuma kita yang harus bersabar dalam menghadapi semua peristiwa yang terjadi hari ini. Karena, musuh-musuh kita jauh lebih kuat kesabarannya dalam menyusun rencana menghancurkan Islam. Sebelum runtuhnya kekhalifahan Islam di tahun 1924, berpuluh tahun sebelumnya, mereka telah menyusun rencana yang matang untuk menggoyahkan kekhalifahan Utsmaniyah. 

Kini, setelah terjadinya peristiwa penyerangan 11 September, mereka lebih gencar lagi menyudutkan dan membidik umat Islam dalam stigma kekerasan dan terorisme. Itu adalah kerja-kerja panjang mereka dari tahun 1992 ketika Uni Soviet runtuh dan mereka ingin menjadi negara super power dengan melibas satu-satunya kekuatan yang masih ada di depan mereka, yaitu Islam. 

Inilah kerja besar yang kita hadapi saat ini. Kita harus memaksimalkan akal dan potensi yang kita miliki. Kita harus memperkuat iman dan kesabaran untuk menghadapi diri sendiri dan tipu daya musuh. Kita juga harus bersiap-siaga untuk menghadapi segala bentuk serangan yang mereka lancarkan untuk melemahkan ibadah, syariah, akhlak, dan seluruh aspek keislaman kita. Karena, tidak ada maksud dari makar yang dilancarkan oleh musuh-musuh Islam kecuali untuk memadamkan cahaya agama Allah dan hukum Allah tidak lagi dapat ditegakkan. 

Tidak akan ada makar jahat kecuali akan menimpa diri pelakunya sendiri, sebagaimana Allah Ta'ala firmankan dalam surat Fathir ayat 43. Oleh karena itu, jangan pernah berpikir untuk melakukan kejahatan karena sebenarnya semua akan berbalik menimpa diri kita sendiri. Apalagi sampai tingkat menistakan agama Allah dan menghalangi orang menjalankan agama Allah. Apa pun alasannya, demi uang, demi jabatan, demi orang yang dicintai, atau demi apa pun itu. Karena, kita akan berhadapan langsung dengan makar Allah yang membalas kezaliman yang kita lakukan. 

Allah-lah yang paling sempurna membalas tipu daya. Disinilah pentingnya untuk selalu waspada dan bertakwa kepada Allah Azza wa Jalla. Bertakwalah dan bersabarlah, maka niscaya Allah akan mengaruniakan kemenangan kepada kita. Allah akan membongkar segala kebusukan dan tipu daya yang orang-orang zalim itu lakukan. Dari skala konspirasi yang paling besar sampai dengan yang paling kecil. 

Tingkatkanlah iman dan takwa kita kepada Allah Ta’ala, maka kita akan menyaksikan kekuatan Allah yang Mahaperkasa dalam memadamkan makar mereka selama ini. Peperangan yang terjadi di antara mereka sendiri, suhu yang meningkat drastis, perubahan iklim, hingga mengeringnya banyak danau di negeri orang-orang zalim yang akan menyebabkan gagal panen dan krisis pangan; tentu tak lepas dari skenario Allah Azza wa Jalla. 

Ingatlah bahwa tiada yang luput dari kekuasaan Allah Al-Aziz. Karena itu, perkuat kesabaran terhadap diri sendiri dengan lebih banyak mengedepankan akal, strategi, dan kehati-hatian. Bersabarlah dalam menghadapi musuh yang senantiasa bersabar mengintai kelemahan kita. Kesabaran kita harus jauh lebih tinggi dari mereka. Dan yang terakhir, siap-siagalah selalu dengan tilawah, dengan ibadah, dengan akhlaqul karimah, dan dengan ilmu yang bermanfaat. Dan, yang terpenting adalah bertakwalah selalu kepada Allah, dengan izin-Nya, keselamatan dan kemenangan akan segera dikaruniakan kepada kita.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :