• +6281 1987 271

Prof Veni Hadju : BAHAGIA BERKURBAN

Prof Veni Hadju : BAHAGIA BERKURBAN

QS Al-Baqarah 2:172). Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.

Pesan Dakwah 10 Dzulhijjah 1443H

By: Prof. Veni Hadju

Menyembelih kurban adalah ibadah wajib bagi yang mampu. Sama seperti ibadah haji dan umrah, ibadah ini hanya dapat dilakukan oleh mereka yang berkelapangan. Namun, sering kita mendengar ada keluarga dari ekonomi menengah ke bawah yang menabung uangnya sedikit demi sedikit sehingga saat ibadah kurban tiba mereka bisa melaksanakannya. Mereka sangat bahagia dengan ibadah ini.


Bahagia saat ibadah kurban bukan hanya dirasakan oleh mereka yang berkemampuan menyembelih kurban, akan tetapi juga mereka yang menerima kupon yang akan ditukarkan dengan sekantong daging kurban. Mereka sejak pagi sudah antri dan merasa yakin bahwa mereka pasti dapat bagian. Di sebagian mesjid, setelah sholat Dhuhur di hari-hari Tasrik pasti jamaah akan disungguhi dengan hidangan Coto Makassar, kikil, atau hidangan lainnya yang berbahan dasar daging kurban.


Daging kurban pasti lezat dan bergizi. Selain dipotong memenuhi syarat syariah, juga mengandung berbagai zat gizi yang sangat penting dalam tubuh kita. Unsur protein dan lemak serta berbagai mineral mikro terdapat pada daging kurban dan ini sangat diperlukan agar tubuh kita menjadi kuat dan sehat. Hanya memang tidak boleh berlebihan apalagi bagi mereka yang punya riwayat penyakit degeneratif seperti hipertensi. Daging hewan adalah karunia Allah kepada para hamba-Nya yang patut disyukuri.


Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Yaa ayyuhalladziina aamanuu kuluu min thayyibaati maa razaqnaakum, wasykuruu lillaahi inkuntum iyyaahu ta'buduun (QS Al-Baqarah 2:172). Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.


BERBAHAGIALAH DENGAN IBADAH KURBAN DAN DAPATKANLAH BERKAHNYA DENGAN KONSUMSI DAGING YANG CUKUP.


Selamat Hari Raya Idul Adha 1443H. Mohon Maaf Lahir Batin.

Sebelumnya :
Selanjutnya :