• +62852-9938-0971

RENUNGKANLAH !

RENUNGKANLAH !

Sesungguhnya Kami akan menurunkan (Qaulan Tsaqiilan) perkataan yang berat (yaitu AL Qur'an) kepadamu. (Surat Al-Muzammil (73) Ayat 5)

Oleh: Dr. Samsul Basri

Renungilah Kata "Tsaqiilun" ( ٌثَقِيْل) yang artinya "Berat" di dalam Al Qur'an. Cukup dengan merenung dua ayat saja. Karena kata "Tsaqiilun" Hanya berulang dua kali di dalam Al Qur'an. Yaitu di Surat Al Muzammil ayat dan surat Al Insan (76) ayat 27. 

Perhatikan kedua ayat tsb,

إِنَّا سَنُلۡقِي عَلَيۡكَ قَوۡلٗا ثَقِيلًا

Sesungguhnya Kami akan menurunkan (Qaulan Tsaqiilan) perkataan yang berat (yaitu AL Qur'an) kepadamu. (Surat Al-Muzammil (73) Ayat 5)

إِنَّ هَٰٓؤُلَآءِ يُحِبُّونَ ٱلۡعَاجِلَةَ وَيَذَرُونَ وَرَآءَهُمۡ يَوۡمٗا ثَقِيلٗا

Sesungguhnya mereka (orang kafir) itu mencintai kehidupan (dunia) dan meninggalkan (yauman tsaqiilan) hari yang berat (hari akhirat) di belakangnya. (Surat Al-Insan (76) Ayat 27)

Pada ayat yang pertama, Allah mensifati Al Qur'an dengan Qaulan Tsaqiilan (Perkataan yang berat). Dan pada ayat yang kedua, Allah mensifati Hari Kiamat dengan Yauman Tsaqiilan (Hari yang berat).

Hikmahnya, siapa saja yang ingin selamat pada hari yang berat maka hendaklah dia berpegang teguh dengan perkataan yang berat.

Saya dan Anda tidak mengetahui berapa lama lagi sisa umur "Kita" di dunia ini. "Kita" tidak mengetahui seberapa dahsyat dan mengerikannya kehidupan setelah kematian. Dan "Kita" tidak mengetahui apakah diri "Kita" bakal selamat atau tidak di hari itu.

Kunasehatkan diri ini dan kaum muslimin, selagi umur dipanjangkan Allah. Perbanyaklah berinteraksi dengan Al Qur'an. Rutinkan setiap hari. Pahami artinya. Implementasikan dalam hidup. Dan sungguh sungguhlah Menghafalnya.

Jangan lupa! Malam ini (malam Jum'at) dan besok (hari jumat) disunnahkan membaca surat AL KAHFI.

Sebelumnya :
Selanjutnya :