Respons Seruan PBB, MUI Ajak Umat Galang Bantuan untuk Yaman

Respons Seruan PBB, MUI Ajak Umat Galang Bantuan untuk Yaman

UMMATTV JAKARTA--Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyerukan penggalangan dana untuk membantu penduduk Yaman yang kelaparan karena peperangan. Merespon ini, Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI) MUI menyerukan kepada umat Islam Indonesia menggalang bantuan untuk krisis kemanusiaan dan kelaparan di Yaman.

“MUI menyerukan kepada umat Islam Indonesia umumnya, dan ormas Islam dan lembaga kemanusiaan di Indonesia khususnya untuk menggalang dana guna membantu saudara kita di Yaman yang sedang mengalami kelaparan akibat peperangan tersebut,” ujar Ketua MUI Bidang HLNKI Sudarnoto Abdul Hakim saat menyampaikan sikap tersebut, Senin (08/03) di Jakarta.

“MUI menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas terjadinya bencana kelaparan di Yaman, akibat peperangan yang masih berlanjut di negeri tersebut,” imbuhnya.

Dia mengatakan, dalam sikap tersebut, MUI menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PBB. MUI menilai PBB berkomitmen untuk terus memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Yaman sejak perang terjadi pada tahun 2015. 

Sementara itu, Wasekjen MUI Bidang HLNKI Habib Ali Hasan Bahar menyampaikan, MUI mendesak semua pihak yang terlibat dalam peperangan di Yaman untuk segera melakukan gencatan senjata. 

“Serta melakukan perundingan untuk menyelesaikan pertikaian mereka secara damai sesuai dengan spirit Islam yang berarti kedamaian,” ujarnya.

“MUI mengimbau Pemerintah Republik Indonesia untuk meningkatkan koordinasi dengan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) maupun PBB untuk membantu penyelesaian konflik secara damai, dan membantu mengatasi kelaparan di negeri itu,” imbuhnya menyampaikan sikap MUI Bidang HLNKI tersebut.*(MUI)

Sebelumnya :
Selanjutnya :