• +62852-9938-0971

Sambut Ramadhan, Dewan Dakwah Keluarkan Imbauan

Sambut Ramadhan, Dewan Dakwah Keluarkan Imbauan

Adapun untuk yang berada di zona merah disarankan untuk melaksanakan sholat wajib dan tarawih di rumahnya masing masing.

UMMATTV.ID JAKARTA--Ramadhan telah di pelupuk mata. Ramadhan tahun ini terasa beda, karena umat Islam melaluinya ditengah wabah global virus corona covid-19.

Sambut Ramadhan, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Pusat mengeluarkan imbauan kepada umat Islam. Berikut isi imbauannya. 

Alhamdulillah, Bulan Suci Ramadhan akan tiba, kali ini dalam suasana wabah Covid-19 yang masih terus meluas di Indonesia dan hampir di seluruh dunia. Dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini, Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia mengimbau kepada Pengurus dan Keluarga Besar Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia pada khususnya dan kepada seluruh umat Islam di Indonesia pada umumnya sebagai berikut: 

1. Menjadikan Bulan Suci Ramadhan tahun ini sebagai sarana untuk lebih lagi mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan meningkatkan ibadah, zikir dan terus berdoa secara sungguh sungguh agar  semoga Allah SWT segera mengangkat  musibah wabah Covid 19 dari seluruh dunia ini sebagaimana wahyu Allah SWT. dalam memuliakan umat manusia: 

وَلَقَدْكَرَّمْنَابَنِيآَدَمَ ......

Artinya : "Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak-keturunan Adam...." (QS Alisra ayat 70). 

Diantara doa yang biasa dipanjatkan Rasulullah ketika wabah adalah: 

 اللَّهُمَّإنِّيأَعُوذُبِكَمِنَالبَرَصِ،والجُنُونِ،والجُذَامِ،وَسَيِّيءِالأسْقَامِ

Artinya : "Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk.’ (HR Abu Dawud  dengan sanad sahih). 

Selain doa doa meminta perlindungan dari wabah Covid-19, dianjurkan pula selama bulan Ramadhan kita perbanyak doa untuk kedua orang tua kita, para guru/ustad, para pemimpin serta mereka yang telah berjasa untuk agama, bangsa dan negara. 

2. Tetap melakukan ibadah puasa secara penuh termasuk para petugas medis dan non-medis yang mengurusi korban Covid-19 kecuali yang uzur syar'i dan melakukan sholat wajib dan tarawih di masjid masjid terdekat bagi yang berada di zona bukan merah dengan tetap sebisa mungkin mengikuti protap pencegahan Covid-19. Adapun untuk yang berada di zona merah disarankan untuk melaksanakan sholat wajib dan tarawih di rumahnya masing masing.

3. Memastikan setiap masjid yang berada di zona merah maupun bukan untuk terus mengumandangkan  azan shalat lima waktu, memperdengarkan Tilawah Al-Qur'an, Kajian Agama, Dzikir Pagi dan Petang kepada warga sekitar melalui pengeras suara secara ma'ruf dan proporsional.

4. Menjaga kesehatan badan baik rohani maupun jasmani sebagai langkah antisipasi penularan virus covid 19 dengan mengurangi aktivitas di luar rumah yang dapat menguras energi sehingga menurunkan efektivitas daya tahan tubuh. Bagi yang terpaksa harus beraktivitas banyak di luar rumah maka diperbolehkan memilih berpuasa atau tidak sesuai dengan kondisi fisiknya dan menggantinya di hari lain setelah bulan Ramadhan.

5. Agar lebih meningkatkan amal shalih dengan tolong menolong sesama muslim dan seluruh umat lainnya dalam menanggulangi dampak wabah Covid-19 terutama yang berkaitan dengan kebutuhan hidup sehari hari sehingga kaum dhuafa terhindar dari dampak buruk kekurangan pangan. 

6. Menyegerakan membayar Zakat Fithrah maupun Zakat Mal dan meningkatkan Infaq dan Sedekah  sehingga dapat meminimalkan dampak buruk dari kekurangan kebutuhan sehari-hari akibat Wabah Covid-19 di kalangan dhuafa. Laznas Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia bersedia dan siap menyalurkan bantuan dari para Muzakki dan Muhsinin kepada para Mustahiq dan para dai yang sedang bertugas di lapangan. 

7. Menghimbau pihak berwenang menutup tempat tempat hiburan malam secara total karena mengganggu suasana ibadah selama bulan Ramadhan. 

8. Menghimbau pihak stasiun televisi untuk meniadakan acara acara hiburan seperti acara komedi yang menganggu kekhusyukan ibadah selama bulan Ramadhan.

Demikian himbauan Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia.

اَللَّهُمَّسَلِّمْنـِيإِلَىرَمَضَانَوَسَلِّمْلِـيرَمَضَانَوَتَسَلَّمْهُمِنِيمُتَقَبَّلاً

29 Sya'ban 1441 H/22 April 2020 M

Drs. Mohammad Siddik, MA

Ketua Umum

 

Drs. Avid Solihin MM

Sekretaris Umum

Sebelumnya :
Selanjutnya :