• +6281 1987 271

Tabligh Akbar & Pelepasan Da'i Bersama Ustaz Zaitun Rasmin

Tabligh Akbar & Pelepasan Da'i Bersama Ustaz Zaitun Rasmin

Ormas Islam Wahdah Islamiyah akan menggelar kegiatan Tabligh Akbar Nasional yang dirangkaikan dengan pelepasan dai Wahdah Islamiyah di 233 titik pelosok nusantara.

UMMATTV.COM MAKASSAR – Ormas Islam Wahdah Islamiyah akan menggelar kegiatan Tabligh Akbar Nasional yang dirangkaikan dengan pelepasan dai Wahdah Islamiyah di 233 titik pelosok nusantara. Kegiatan tersebut bakal dilangsungkan pada hari Sabtu 20 Agustus 2022 bertempat di Masjid Anas bin Malik, Kampus Sekolah Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar.

Ustaz Akino, selaku Ketua Departemen Urusan Wilayah dan Daerah, Dewan Pimpinan Pusat Wahdah Islamiyah melaporkan bahwa 233 titik tersebut akan diisi sebanyak 345 orang dai dan daiyah Wahdah Islamiyah.

“Untuk kampus STIBA dikirim 130 orang (Dai) dan 145 orang (Daiyah), untuk sekolah dai dikirim 43 orang (Dai) dan 21 orang (Daiyah), sementara dari tataran kampus masing-masing dua perwakilan, jadi total 345 orang yang akan dilepas besok insyaallah,” katanya, dalam sesi wawancara tadi pagi, Jumat (19/8/2022).

Selama satu sampai dua tahun, mereka tidak hanya dituntut untuk mengajarkan hal tentang agama, tetapi juga meningkatkan taraf hidup di masyarakat.

“Jadi kita berupaya agar dai ini selain fokus mengajar agama, tapi juga kita akan hadirkan program-program pembibitan ekonomi bagi warga di tempat tubas," ujarnya.

Para dai juga akan dibekali beberapa materi khusus untuk menjalankan program Dai Nusantara. Sebelum keberangkatan, mereka juga akan dibekali dengan kemampuan untuk berinteraksi dengan masyarakat lokal, social mapping, memahami potensi konflik yang ada di masyarakat, mencatat tokoh-tokoh penting di masyarakat, dan kemampuan mengidentifikasi masalah yang penting di masyarakat.

Ustaz Akino juga menerangkan, program ini merupakan jawaban dari beragam permasalahan di tepian-tepian negeri. Oleh karena itu, program ini juga akan difokuskan pada usaha pengembangan masyarakat selain pada pendidikan agama.

“Memang dai yang idealseperti itu. Karena akan jauh lebih susah memberikan materi kepada orang yang lapar. Ketimbang kita hadirkan solusi dulu, baru kita masukkan pelajaran agama di dalamnya,” pungkasnya.

Senada dengan hal tersebut, Ustaz Zaitun juga mengajak kaum muslimin untuk menghadiri Tabligh Akbar tersebut dalam rangka menjalin silaturahim.

"Salah satu dari kebahagiaan di dunia ini adalah dapat bertemu atau melihat orang-orang yang kita cintai karena Allah subhanahuwata'ala. Tentu melihat langsung adalah suatu yang paling kita harapkan walau hanya Saling pandang atau saling berbagi senyuman apalagi kalau bisa berjabat tangan dan berpelukan," ungkapnya.

"Pandemi Covid-19 telah lama memisahkan kita dari kegiatan silaturahim langsung, maka sekarang dapat kesempatan itu pada hari Sabtu tanggal 20 Agustus 2022 besok Insya Allah saya akan bersama Antum pada tabligh akbar di masjid Anas bin Malik kampus STIBA Makassar. Mari kita terus perkuat ukhuwah dan mari kita jalin lebih kuat lagi ikatan hati demi perjuangan, demi kemaslahatan umat bangsa dan negara kita tercinta," tambahnya.

Sebelumnya :
Selanjutnya :