• +6281 1987 271

TK Nurani Indonesia di Gaza: Peluang Dapatkan Pahala dan Keberkahan

TK Nurani Indonesia di Gaza: Peluang Dapatkan Pahala dan Keberkahan

UMMATTV, JALUR GAZA--Pendidikan sangat diperlukan bagi setiap orang dalam rangka meningkatkan pengetahuan, cara hidup dan pembentukan karakter atau akhlak, serta status sosial dan ekonomi. Mendapatkan pendidikan yang layak adalah hak lahir setiap orang, membatasi seseorang untuk mendapatkan pendidikan merupakan tindak kejahatan yang besar.

Ada kurang lebih lima puluh sekolah di Gaza telah dirusak oleh serangan udara Israel selama peperangan terakhir, Mei 2021. Ratusan bahkan ribuan anak-anak Palestina harus berjuang untuk mewujudkan hak mereka atas pendidikan. Pembongkaran sekolah, penyitaan peralatan, shift ganda, ketidakmampuan untuk memprioritaskan pendidikan dan kekurangan dana telah mempersulit akses anak-anak mendapatkan pendidikan yang layak. 

Berdasarkan hal di atas, Nusantara Palestina Center (NPC) berikhtiar untuk membantu anak-anak Palestina memperoleh pendidikan yang memadai, maka NPC melahirkan salah satu program pendidikan yang diberi nama Taman Kanak-kanak (TK) Nurani Indonesia.

Lembaga pendidikan binaan NPC ini terletak di Gaza City dan telah mewisuda 6 angkatan hingga Juni tahun 2021.

Sekolah persembahan rakyat Indonesia melalui donatur NPC ini sudah hadir sejak tahun 2015 silam. Hingga kini sekolah ini masih eksis dan melakukan aktivitas belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19 dengan selalu mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan oleh kementerian Kesehatan Palestina di Gaza.

Diketahui, TK Nurani Indonesia menyediakan berbagai fasilitas seperti bus antar jemput, makanan, cek up mediss, seragam sekolah dan pelayanan pendidikan. Semua itu tidak dipungut biaya atau gratis untuk anak-anak Palestina. Di sekolah ini terdapat empat kelas dan 6 pengajar. Meski belum memiliki gedung sendiri dan masih berstatus kontrak, Sekolah TK Nurani Indonesia selalu aktif dalam mendidik, menghibur anak-anak yatim Gaza yang telah kehilangan orang tua akibat korban perang.

Mengingat substansi ajaran Islam dan kebutuhan mendesak hari ini, bahwa ilmu adalah nūr atau cahaya, sedangkan ketidaktahuan atas ilmu adalah kegelapan, ilmu adalah kunci kehidupan.

Ajaran, prinsip moral dan tuntunan yang diajarkan oleh Islam, bahwa menuntut ilmu bagi seorang Muslim adalah sebuah kewajiban yang amat wajib sampai akhir hayat. Sebagaimana yang Nabi, Saw., sampaikan dalam sabdanya.

 طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

"Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim." [HR. Ibnu Majah]


أُطْلُبُ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّحْدِ 

“Carilah ilmu itu sejak dari ayunan sampai masuk ke liang lahat.” [HR. Muslim]

Sementara itu, dalam Islam ada ajaran yang agung yakni tentang [Kafālah ṭalabatil 'ilmi] membiayai atau membantu pencari ilmu, khususnya ilmu syar'i. Karena ilmu syar'i adalah ilmu yang dibutuhkan oleh roh-roh manusia. Ilmu syar'i adalah asupan bagi roh manusia. Pencari ilmu hakikatnya adalah orang yang berada fī sabīlillāh.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya." [HR. Muslim]

 مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنْ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلَالَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنْ الْإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا

"Barang siapa mengajak kepada kebaikan, maka ia akan mendapat pahala sebanyak pahala yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Sebaliknya, barang siapa mengajak kepada kesesatan, maka ia akan mendapat dosa sebanyak yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun." [HR. Muslim]

 مَنْ جَهَّزَ غَازِيًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَقَدْ غَزَا وَمَنْ خَلَفَ غَازِيًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِخَيْرٍ فَقَدْ غَزَا

"Barang siapa yang mempersiapkan (bekal) orang yang berperang fī sabīlillāh (di jalan Allah) berarti dia telah berperang (mendapat pahala berperang). Dan barang siapa yang menjaga (menanggung urusan rumah) orang yang berperang di jalan Allah dengan baik berarti dia telah berperang." [HR. Bukhari]

Membantu para pencari ilmu dalam risalah ṭalabil 'ilmi adalah salah satu hal terpenting yang harus dikeluarkan oleh mereka yang mampu. Jika seseorang yang Allah, Swt., berikan taufik untuk membantu para pencari ilmu, maka kami berharap ia akan memperoleh yang setara dengan pencari ilmu di sisi Allah, Swt., dikarenakan dukungan dan bantuannya tersebut.

Yang menjadi kendala saat ini adalah banyak orang-orang pencari ilmu yang ingin melajutkan pendidikan ke arah yang lebih tinggi, agar bisa menambah ilmu dan bermanfaat lebih di tengah-tengah umat, namun terkendala oleh urusan administrasi dan keuangan.

Mari dukung NPC untuk membatu anak-anak Palestina menuntut ilmu dan bersekolah.


Rekening Dukungan Kemanusiaan Rakyat Palestina:


✅Syariah Mandiri 7129 5594 75 (khusus yatim)

✅Syariah Mandiri 77 2221 1558

✅BNI Syariah 69 0000 9019

✅BNI 69000 90089

✅BRI 0442 0100 1313 307

✅BCA 1656 0095 95

Semua An. Nusantara Palestina Center

Info program bantuan kemanusiaan, kantor pusat NPC Jakarta.


📲 0811 99 444 96 | Call Center npc

📲 0822 9994 5959 | OTA Yatim

✅ our activity | www.npc.or.id

✅ donated here for Palestine | https://donasi.npc.or.id

Sebelumnya :
Selanjutnya :