• +62852-9938-0971

YPWI Adakan Pelatihan Online Menghadapi Tahun Ajaran Baru 2020

YPWI Adakan Pelatihan Online Menghadapi Tahun Ajaran Baru 2020

Diikuti oleh ratusan guru yang tersebar di berbagai sekolah dan Ponpes di seluruh Indonesia, Senin-Selasa (15-16/06).

UMMATTV BOGOR--Tahun ajaran baru 2020, mulai berjalan di bulan Juli. Persiapan pembelajaran dari berbagai jenjang pendidikan mulai berbenah. Baik  pendidikan umum (Full Day School) maupun kepesantrenan (Boarding).

Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) yang berpusat di Makassar tanpa terkecuali sudah memulai menerapkan konsep belajar Secara Online (Daring). 

Yayasan yang membawahi lebih 200 sekolah dan pesantren di Indonesia ini, telah mengadakan pelatihan nasional melalui Zoom Meeting. Diikuti oleh ratusan guru yang tersebar di berbagai sekolah dan Ponpes di seluruh Indonesia, Senin-Selasa (15-16/06).

Ir. Nursalam Siradjuddin selaku ketua YPWI pusat memberikan arahan bagi semua pengelola sekolah dan pesantren termasuk para guru, agar mulai beradaptasi dalam konsep belajar mengajar cara daring ini.

Pelatihan yang berlangsung dua hari, dengan menghadirkan Instruktur Nuzul Haq, S.Pd. dan Nasrul, S.Pd., M.Ed. yang juga guru di SMP Wahdah di Makassar. Dalam pemaparannya memberikan konsep pembelajaran secara daring. 

Alumni UNM di Makassar dan Alumni AeU di Kuala Lumpur Malaysia ini membagi 4 bagian pembelajaran daring. Pertama daring secara langsung (interaktif) baik melalui Zoom, Google Meet, Zello dan lainnya. Juga non interaktif (anak-anak diberi tugas, kemudian gurunya kumpulkan).

Kedua, materi-materi yang sesuai dengan kondisi saat ini, (disesuaikan kecakapan hidup). Ketiga disesuaikan dengan minat siswa. Keempat penilaian yang lebih banyak dengan sistem kualitatif.

Bagi sebagian Guru, merancang strategi pembelajaran di masa-masa seperti ini cukup memberatkan karena sulitnya akses internet di beberapa tempat pelosok hingga kemampuan mamanfaatkan teknologi juga menjadi kendala. Maka tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu "Merancang Strategi dan Teknik Penilaian Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19".

Dengan harapan, pelatihan ini memberikan sedikit angin segar bagi guru untuk menyambut tahun ajaran baru yang akan mulai bulan depan.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :