Apa saja keutamaan puasa Asyura?

Apa saja keutamaan puasa Asyura?

YUK CATAT TANGGALNYA

Puasa Tasu’a (9 Muharram) = Kamis/27 Juli 2023

Puasa Asyura (10 Muharram) = Jum’at/28 Juli 2023 

Ummattv, Memaksimalkan ibadah di bulan haram diantaranya dengan berpuasa. Puasa Asyura ini dilakukan pada hari kesepuluh dari bulan Muharram dan lebih baik jika ditambahkan pada hari kesembilan. 

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, _“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara sholat yang paling utama adalah setelah sholat wajib adalah sholat malam.”_

(HR. Muslim)

Hadits ini menunjukkan keutamaan puasa dibulan Muharram secara umum, termasuk didalamnya adalah puasa Asyura.

Dari Abu Qatadah Al Anshoriy, berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah. Beliau menjawab, "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang."

Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa 'Asyura. Beliau menjawab, *"Puasa 'Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." *

(HR. Muslim).

Kenapa sebaiknya menambahkan dengan hari kesembilan untuk berpuasa? Kata Imam Nawawi rahimahullah, para ulama berkata bahwa maksudnya adalah untuk menyelisihi orang Yahudi yang cuma berpuasa tanggal 10 Muharram saja.

____________

Mari dukung dakwah Darul Marhamah ABS Makassar dengan cara Follow, Like, Subscribe dan Comment

📲 Instagram: @darulmarhamah_abs

📲 Facebook: Darul Marhamah 

🎥 YouTube: Marhamah TV

Sebelumnya :
Selanjutnya :