Apresiasi Gerakan Kemanusian, Institut Fundraising Indonesia Gelar IFA Award 2020

Apresiasi Gerakan Kemanusian, Institut Fundraising Indonesia Gelar IFA Award 2020

Penghargaan ini diharapkan bisa mendorong lembaga sosial kemanusiaan agar termotivasi melakukan fundraising.

UMMATTV JAKARTA--Kondisi masyarakat Indonesia yang kental dengan budaya gotong royong membuat perkembangan fundraising tumbuh cepat. Maka tak heran jika semakin banyak lembaga sosial yang muncul, mereka bisa tumbuh bersama-sama sebab potensi kedermawanan orang Indonesia amat besar.

Untuk itu, Institut Fundraising Indonesia (IFI) mengapresiasi lembaga-lembaga yang telah berkiprah dalam sosial kemanusiaan di Indonesia dengan menggelar Indonesia Fundraising Award 2020.

“Lembaga-lembaga ini sangat harus diapresiasi keberadaannya karena telah menggerakkan kepercayaan publik untuk terus berbagi terhadap sesama. IFI merasa wajib untuk memberikan penghargaan kepada lembaga sosial kemanusiaan ini,”ujar Direktur IFI, Arlina F.Saliman.

Arlina menyebut, penghargaan ini juga diharapkan bisa mendorong lembaga sosial kemanusiaan agar termotivasi melakukan fundraising. “Karena tujuan fundraising sendiri adalah untuk kemandirian organisasi atau lembaga,”ujar Arlina.

Arlina berharap, IFA Award juga dapat mendorong ketertarikan anak-anak muda untuk masuk ke dalam dunia sosial kemanusiaan. “Agar nantinya tercipta kaderisasi SDM,”ujarnya.

Selain itu, diharapkan nantinya penghargaan ini dapat mendorong lembaga sosial kemanusian untuk mengelola lembaganya secara profesional dan transparan. “Dengan begitu, lembaga zakat dapat dipercaya publik dalam setiap program yang dikampanyekannya,”ungkap Arlina.

Penjurian IFA Award dilakukan oleh Direktur KNKS Ahmad Juwani, Direktur IFI Arlina F.Saliman dan Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ) Agus Budiyanto. Sebanyak 17 kategori nominasi yang akan dianugerahkan kepada berbagai lembaga. Para pemenang nominasi adalah lembaga-lembaga yang sudah berjibaku dalam kemanusiaan.

“Ini membuktikan bahwa banyak lembaga fundraising yang dipercaya masyarakat,”ujar Ahmad Juwani. 

Kategori nominasi IFA Award adalah Fundraising Zakat Terbaik, Fundraising Infak Terbaik, Fundraising Kemanusiaan Terbaik, Fundraising CSR Terbaik, Fundraising Digital Terbaik, Platform Fundraising Digital Terbaik, Fundraising Program Kesehatan Terbaik, Fundraising Program Pendidikan Terbaik, Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik, Fundraising Program Bantuan Hukum Terbaik, Fundraising Wakaf Produktif Terbaik, Fundraising Komunitas Terbaik, Fundraising Penggalangan Dana Langsung, Fundraising Kurban Terbaik, Program Fundraising Oleh Perguruan Tinggi, Life Achievement Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising Indonesia.

Berbagai lembaga masuk di dalam nominasi seperti Aksi Cepat Tanggap, Dompet Dhuafa, LazisNu, PMI, LAZ Harfa, Yatim Mandiri dan lembaga-lembaga besar lainnya.

Penghargaan IFA 2020 dilakukan secara daring karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Meski demikian, penghargaan tetap dilakukan secara profesional dengan dewan juri yang mumpuni di bidangnya. Selain nominator, IFA Award mengundang media massa, media online, tokoh, dan puluhan blogger Indonesia.

Sekilas Tentang IFI

IFI adalah lembaga training, consulting dan publishing yang bergerak di bidang fundraising. IFI didirikan oleh Arlina F.Saliman dan M.Arifin Purwakananta pada 2013 yang sudah malang melintang di dunia fundraising.

Gagasan adanya IFI ini timbul karena keresahan terhadap minimnya kaderisasi sumber daya manusia di bidang fundraising. IFI juga lahir karena masih banyak lembaga sosial yang tidak berkembang karena  strategi fundraising yang kurang tepat.


IFI bervisi melahirkan sumber daya manusia yang tangguh di bidang fundraising dalam dan luar negeri. IFI memiliki misi mendorong kemandiriaan Indonesia melalui kemitraan fundraising agency. Selain itu juga membangun jaringan lembaga sosial untuk program sustainable development.


IFI juga menyediakan literatur fundraising yang relevan untuk Indonesia melalui penerbitan buku, majalah, media online dan media fundraising lainnya.

 

Arlina berharap, hadirnya IFI bisa mewarnai dunia sosial sehingga lembaga sosial akan tumbuh dan mandiri dengan fundraising publik dan dukungan masyarakat.

Sebelumnya :
Selanjutnya :