• +62852-9938-0971

Bantuan Air Bersih dan Tangki Septik Ramah Lingkungan

Bantuan Air Bersih dan Tangki Septik Ramah Lingkungan

Latar Belakang

Ketersediaan air bersih dan tangki septik yang tidak mencemari lingkungan merupakan masalah krusial agar umat muslim agar dapat beribadah sesuai syariat. Memastikan ketersediaan air bersih yang suci dan mensucikan sama pentingnya dengan memastikan tangki penampungan air limbah yang tidak mencemari sumber air dan tanah. 

Melihat kondisi saat ini, dimana banyak masjid, musholah dan pesantren serta kelompok masyarakat miskin terutama yang belum memiliki sumber air yang layak serta pengelolaan air limbah yang aman, diperlukan dukungan berbagai pihak untuk dapat mengatasinya.

Dasar Hukum

Mengacu pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor: 001/MUNAS-IX/MUI/2015 tentang Pendayagunaan Harta Zakat, Infaq, Sedekah & Wakaf untuk Pembangunan Sarana Air Bersih dan Sanitasi Bagi Masyarakat.

Tujuan

Program bantuan pengadaan air bersih dan tangki septik ramah lingkungan ini bertujuan untuk:

1.    Menyediakan akses air bersih dan tangki septik ramah lingkungan untuk masjid, musholah dan pesantren serta kelompok masyarakat miskin.

2.    Menyalurkan bantuan dari badan, lembaga, organisasi dan individu untuk memberi bantuan dalam penyediaan air bersih dan tangki septik ramah lingkungan kepada yang membutuhkan.

Sasaran

Sebagai langkah awal program di selenggarakan untuk wilayah jabodetabek, namun tidak menutup kemungkinan diselenggarakan untuk penerima manfaat di seluruh Indonesia, dengan melakukan kemitraan serupa di tiap provinsi.

Kesepakatan Kemitraan

1.    Sumber Bio Makmur selaku usaha jasa pembuatan berbagai jenis sumur pompa, 

2.    Bio Sift penyedia tangki septik dan IPAL fiberglass ramah lingkungan dan 

3.    UMMAT TV yang memiliki jaringan luas di kalangan organisasi dan lembaga Islam.

Ketiga lembaga tersebut sepakat menggunakan biaya dan harga sosial dalam pembuatan sumur pompa dan penyediaan serta pemasangan tangki septik Bio Sift, dengan sumber pendanaan sosial keagamaan yang digalang oleh UMMAT TV.

Kriteria Penerima Manfaat

Beberapa kriteria dan syarat diantaranya kesediaan lahan dan bangunan atas untuk bantuan tangki septik serta instalasi pipa air di gedung/bangunan untuk pembuatan pompa air. Diprioritaskan kepada yang paling membutuhkan dan keterjangkauan akses serta besarnya manfaat yang dihasilkan.

Tahapan kegiatan Pemberian Bantuan

  1. Penjaringan minat calon penerima manfaat melalui form pendaftaran: https://forms.gle/9ZUm1y3rxss8xeMB6
  2. Verifikasi data dan kunjungan ke lokasi.
  3. Penjaringan donasi dari organisasi, lembaga dan masyarakat umum.
  4. Kesepakatan desain dan ruang lingkup bantuan serta penyiapan dan kontribusi penerima manfaat.
  5. Pembangunan sarana.
  6. Serah terima.

Rekening Donasi

Salurkan donasi anda ke Rekening BSM (451) 7144358807 an Yayasan Ummat Gemilang Mandiri Konfirmasi transfer 0877 8504 0183 / 0811 987 271. Untuk donasi ini mohon  menambahkan Rp. 5,- pada tiap transfer, contoh Rp. 1.000.005,- untuk donasi Rp. 1.000.000,-. 

Untuk Perhatian

1. Pengajuan ini tidak bersifat mengikat,  calon penerima manfaat memahami ada persyaratan dan ketentuan lanjutan yang harus dipenuhi salah satunya ketercukupan anggaran dan prioritas kebutuhan. Sehingga penentuan sepenuhnya didasarkan pada penilaian penyelenggara.

2. Penyelenggara tidak memungut biaya apapun dari calon maupun penerima manfaat. Bagi yang mendapatkan bantuan akan dihubungi melalui email dan telepon UMMAT TV. 

Alamat dan Kontak

Web : Ummattv.com, Email : ummattv@gmail.com, Telepon: 0811 987 271


Sebelumnya :
Selanjutnya :