BAPAK ASUH (32)

BAPAK ASUH (32)

Pesan Dakwah 2 Rabi'ul Awwal 1445H

By: Prof. Veni Hadju

Ummattv, Program BAAS (Bapak Asuh Anak Stunting) adalah salah satu program yang digagas BKKBN dalam percepatan penurunan stunting. Program ini melibatkan semua elemen di lingkungan pemerintahan, ABRI, Polisi, Ormas, swasta (CSR), serta anggota masyarakat. Program ini diharapkan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyediaan paket bantuan makanan kepada keluarga miskin yang membutuhkan bantuan agar dapat mencegah timbulnya anak stunting. Alhamdulillah, sudah banyak yang tercatat ikut berpartisipasi.

Sasaran paket ini diutamakan kepada keluarga beresiko stunting terutama  yang memiliki ibu hamil, ibu menyusui, dan anak dalam dua tahun pertama. Hanya saja banyak dari paket ini yang tidak termonitor dengan baik. Berbagai upaya telah dilakukan agar program ini dapat dipantau dengan baik. Ada Bapak Asuh yang datang secara berkala ke keluarga yang diasuhnya. Ada juga Bapak Asuh yang hanya mendapat laporan perkembangan anak asuhnya dari petugas lapangan (kader). Kadang ada juga paket yang dimakan oleh seluruh anggota keluarga karena memang mereka semuanya membutuhkannya.

Memenuhi kebutuhan orang lain yang  butuh adalah dianjurkan dalam agama. Perintah untuk menyisihkan sebagaian dari rezeki kita untuk diberikan ke orang lain bertebaran dalam Kitab Al-Qur'an. Keikhlasan memberi harus diutamakan sehingga keberlanjutan bantuan bisa dijaga. Digambarkan dalam ayat Al-Qur'an saat orang sudah waktunya wafat, masih merengek kepada Allah agar diperpanjang sedikit umurnya agar bisa bersedekah. Betapa pentingnnya amal sedekah dalam kehidupan ini sehingga perintah ini diulang-ulangi dan menjadi indikator orang beriman.

Surat Al-Munafiqun (63) Ayat 10

وَأَنفِقُوا۟ مِن مَّا رَزَقْنَـٰكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِىَ أَحَدَكُمُ ٱلْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَآ أَخَّرْتَنِىٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍۢ قَرِيبٍۢ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ ٱلصَّـٰلِحِينَ

Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?"

JADILAH ANGGOTA BAAS YANG DAPAT MENYEHATKAN GENERASI YANG AKAN DATANG.

Sebelumnya :
Selanjutnya :