Chancellor UNIDA Ajak Wisudawan Teladani Ir. H. Djuanda Kartawidjaja

Chancellor UNIDA Ajak Wisudawan Teladani Ir. H. Djuanda Kartawidjaja

Lantik 631 Wisudawan, Chancellor UNIDA: Jadikan 21 Nilai Karakter Tauhid Bekal Untuk Raih Sukses Dunia dan Akhirat

BOGOR UMMATTV.COM  - Chancellor Universitas Djuanda (UNIDA) Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H resmi melantik 631 Wisudawan/Wisudawati dalam Sidang Senat Akademik Luar Biasa Wisuda Sarjana dan Sekolah Pascasarjana Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024, bersamaan dengan Pengukuhan Prof. Dr. Hj. Sri Harini, Dra., M.Si sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen, pada Rabu (11/10/2023) di Puri Begawan, Kota Bogor.

Pada kesempatan ini, Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menyampaikan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang dilantik. Ia berharap, para wisudawan dan wisudawati dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk turut serta berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan agama.

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H dalam arahannya juga mengingatkan agar para wisudawan dan wisudawati dapat meneladani sosok Ir. H. R. Djuanda Kartawijaya, seorang pahlawan yang berasal dari daerah Pasundan, pejuang kebanggan warga Jawa Barat. Tokoh pahlawan nasional yang namanya tercatat dalam sejarah dan banyak dijadikan sebagai nama tempat, nama jalan, hingga diabadikan dalam uang pecahan Rp. 50.000,-.

Ir. H. R. Djuanda Kartawijaya dengan kecerdasan dan keberaniannya telah melahirkan sebuah Deklarasi yang membuat Indonesia memiliki luas wilayah yang besar, jumlah awal ketika proklamasi Kemerdekaan RI seluas 1,9jt km2 menjadi 8,3 juta km2. Deklarasi yang dikenal dengan Deklarasi Djuanda tersebut, disampaikan pada tanggal 13 Desember 1957 kemudian diakui dunia pada tahun 1982 oleh United Nation Conference on Law of The Sea (UNCLOS) dan populer dengan sebutan “Wawasan Nusantara”.

“Nama Djuanda terus akan saudara bawa sampai ke akhirat. Anda mulai meniti karir, berkembang, sukses dan menikmati hasil kesuksesan Anda semasa hidup dan setelah pulang ke pangkuan ilahi, nama itu akan Anda bawa terus, karena Anda adalah lulusan satu universitas bertauhid yang menyandang nama Djuanda. Jadi, nama dan potret Ir. H. Djuanda jangan sekedar ada di dompet Anda, tetapi harus melekat di hati, jiwa, pandangan, pikiran, perkataan, prilaku, dan sikap yang tidak boleh dilepaskan dimanapun Anda berada,” tegasnya.

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H kemudian mengemukakan, sejak tahun 2023 UNIDA telah mencanangkan program untuk meraih akreditasi unggul pada 65% sampai 70% pada program studi dengan target minimal pada tahun 2026 memperoleh akreditasi institusi unggul.

Dalam rangka program UNIDA akreditasi unggul tersebut, yayasan telah berbenah di semua unsur aktivitas antara lain pengembangan sarana prasarana, sumberdaya manusia, kurikulum berbasis enterpreneurial yang menyatu dalam tauhid, dan mendorong program studi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan lulusan untuk menghadapi era digital.

InsyaAllah. Tentunya, kami yakin bahwa kami tidak sendiri. Kontribusi sekecil apapun dari alumni atau keluarga alumni yang juga insan UNIDA dalam memperjuangkan cita-cita Universitas Djuanda tersebut sangat diharapkan, kalau boleh saya menegaskan itu adalah sebuah keniscayaan dari para alumni,” ujarnya.

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menambahkan, prinsip yang dianut oleh UNIDA adalah kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja cepat, kerja tepat, kerja hebat. Oleh karena itu, ia berpesan untuk menjadikan 21 Nilai Karakter Tauhid sebagai bekal meraih sukses dunia dan akhirat. Di akhir, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menyampaikan kepada para Wisudawan dan wisudawati agar tetap berpegang teguh kepada tali Allah dan sunnah rasulullah, sebagaimana dalam hadits.

“Mari kita berpegang kepada dua perkara yang telah diwariskan kepada kita, jika kita hendak menggenggam dunia dan menggapai akhirat, serta memperoleh sukses dikeduanya,” pungkasnya.

Sebelumnya :
Selanjutnya :