• +6281 1987 271

Dayah Darul Quran Aceh Gelar Musabaqah Hifdzil Quran

Dayah Darul Quran Aceh Gelar Musabaqah Hifdzil Quran

UMMATTV ACEH BESAR--Dayah Darul Quran Aceh (DQA) mengelar Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) ke VI mulai 14-16 Desember 2020 di dayah tersebut jalan Banda Aceh-Medan, Km 19,5 Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar. 

Kegiatan dengan tema “Raih Kejayaan di Dunia dan Akhirat dengan Menghafal Al-Qur’an” itu diikuti oleh 208 peserta. 

Ketua Panitia Pelaksana, Teuku Muhammad Abduh, Selasa (15/12/2020) mengatakan MHQ DQA yang ke VI ini memperlombakan cabang hifdzil quran dengan beberapa katagori. Diantaranya cabang hifdzil 1 juz, 3 juz, 5 juz, 10 juz dan 15 juz. 

Ia merincikan cabang hifdzil 1 juz diikuti oleh 60 peserta, 3 juz 61 peserta dan 5 juz 54 peserta. Sedangkan 10 juz diikuti oleh 23 peserta dan 15 juz 10 peserta.

 Sementara itu Direktur Dayah DQA Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz, MA mengatakan membaca Al-Quran merupakan perbuatan yang mulia. Terlebih lagi jika seseorang mau menghafal, memahami dan mengamalkannya dalam segala aspek kehidupan sehari-hari.

 “Al-Quran merupakan pedoman bagi seluruh umat manusia. Sehingga Allah akan senantiasa memuliakan dan meninggikan derajat orang-orang yang senantiasa mempelajari Al-Quran, baik dengan membaca, menghafal dan memahami serta mengamalkannya,” kata Ustaz Hajarul Akbar. 

Peraih peringkat 13 dunia lomba hafiz 30 juz dan tafsir pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Internasional di Casablanca, Moroko tahun 2018 itu sangat mengapresisasi dan menyambut baik pelaksanaan MHQ tersebut. 

Ia menambahkan MHQ itu merupakan kegiatan rutinitas yang prioritas. Dan juga sudah masuk dalam kalender resmi dayah yang akan dilaksanakan pada setiap tahunnya. 

“Musabaqah ini akan dilaksanakan pada setiap tahun. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan dan memacu semangat serta memotivasi para santri untuk senantiasa menghafal Al Quran dan mempelajarinya. Selain itu juga untuk menjalin ikatan ukhuwah islamiyah diantara sesamanya,” pungkas Ustaz Hajarul Akbar.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :