• +6281 1987 271

Dua Siswa SMP Muhammadiyah PK Juara Murottal Irama Nahawand

Dua Siswa SMP Muhammadiyah PK Juara Murottal Irama Nahawand

UMMATTV, SOLO--Dua Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta meraih juara dalam lomba Musabaqoh Murottal Irama Nahawand Juz 30 yang digelar Perguruan Muhammadiyah Kota Surakarta di Aula Gedung Balai Muhammadiyah pada Rabu (12/1). Kegiatan perlombaan diikuti siswa terpilih dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Muhammadiyah Kota Surakarta

Aryanto selaku Humas SMP Muhammadiyah PK mengatakan dua siswa yang menjadi delegasi SMP Muhammadiyah PK meraih juara dalam perlombaan Musabaqoh Murottal Irama Nahawand Juz 30 tingkat Muhammadiyah Kota Surakarta. “Alhamdulillah, Billo Aurel Putra Denza, siswa kelas 8 meraih juara 2 kategori putra dan Keifa Fasaufi Anhari, kelas 8, meraih juara 1 kategori putri,” jelasnya.

Ustaz Muhammad Arif Wicagsono, selaku guru PAI di sekolah sekaligus pembina lomba menjelaskan bahwa perlombaan tersebut dipersiapkan dengan sungguh-sungguh bahkan dari bulan sebelumnya. “Siswa kita pilih berdasarkan seleksi internal sekolah dan diperkenalkan dengan irama nahawand serta berlatih secara intensif,” jelasnya.

Karena lomba murottal yang dinilai salah satunya adalah kualitas suara, Ustaz Muhammad Arif memberikan treatment khusus kepada anak-anak untuk menjaga pola makan dan minum. “Anak-anak kita jaga pola makan dan diarahkan minum air putih hangat, air jahe, air jeruk, dan madu secara istiqomah,” jelasnya.

Proses pembinaan juga dilakukan secara intensif meliputi membimbing dan menasihati dalam berlatih beberapa surat yang akan dilombakan. Setelah sholat fardu, para siswa juga berlatih membaca surat yang dilombakan seperti surat Ad Dhuha dan surat Al A’la.

Menurut Ustaz Muhammad Arif, irama nahawand adalah irama yang menyentuh hati. Irama tersebut memberikan ketenangan dalam membaca Alquran dan menunjang hafalan siswa. “Irama nada nahawand menjadi irama yang disepakati oleh Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta untuk digunakan di sekolah Muhammadiyah se-Surakarta,” tandasnya.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :