Forum Zakat DKI Jakarta Perkuat Silaturahmi Bersama BAZNAS

Forum Zakat DKI Jakarta Perkuat Silaturahmi Bersama BAZNAS

Ummattv, Jakarta, 09 Maret 2023. Forum Zakat DKI Jakarta melakukan penguatan sinergi dan regulasi OPZ DKI melalui agenda silaturahmi dengan berkolaborasi bersama BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta bertemakan “Taat Regulasi dan Sinergritas, OPZ Bangun Gerakan Zakat di DKI Jakarta” pada Kamis, 9/3/2023.

Bapak Ketua FOZ DKI Jakarta, Dian Pasya menyampaikan beberapa tujuan agenda pada hari ini yang selaras dengan temanya yaitu memahami aturan dan kode etik daripada Amil Zakat, rekomendasi dan perizinan OPZ dan meningkatkan Organisasi Pengelolaan Zakat tentang peraturan Badan Amil Zakat Nasional.

Adapun harapan setelah berakhirnya agenda ini disampaikannya “Harapannya yang pertama Anggota FOZ DKI Jakarta yaitu untuk lembaga yang belum menyelesaikan perizinan atau legalitasnya dapat segera terselesaikan. Kedua, Para anggota FOZ khususnya para amil dapat memahami regulasi atau aturan undang-undang perzakatan. Dan terakhir harapannya tentu dapat berkolaborasi dengan stakeholder yang ada conotohnya BAPPEDA, BAZNAS DKI, Kemenag yang hadir pada kesempatan ini serta bersinergi dengan program-program demi membantu meringankan kekurangan yang ada khususnya di DKI Jakarta”

Sekertaris Umum Forum Zakat Nasional, Irvan Nugraha dalam sesi penyampaian materinya beliau mengatakan perlunya kolaborasi yang produktif dalam gerakan zakat DKI melihat kondisi masyarakat DKI Jakarta saat ini mulai dari banyaknya bencana alam yang terjadi dan masih tingginya stunting dan ada dua hal yang perlu dikuatkan sebagai arah geraknya yaitu dari sisi pengaruh dan popularitas.

Lebih lanjut beliau menyampaikan tiga skema kolaborasi yang perlu dilakukan, diantaranya berbagi pengetahuan atau knowledge sharing, konsolidasi sumberdaya dan penguatan jaringan. Hal ini dilakukan demi terwujudnya pertumbuhan OPZ dalam pengelolaan program zakat yang berkelanjutan dan berdampak.

Selain dari pemateri di atas hadir juga sebagai pemateri dari Ketua IV BAZNAS BAZIS DKI Jakarta M. Nasir Tajang, BAPPEDA DKI Jakarta Rangi Faridha Asiz, Biro Hukum BAZNAS RI Regina Fadjri Andira, S.H, serta Kepala Bidang Penerangan Agama Islam H. Muhammad Yunus Hasyim, S.Ag.

BAZNAS BAZIS DKI Jakarta berharap dengan hadirnya kurang lebih 60 anggota FOZWIL DKI Jakarta pada acara tersebut komunikasi dengan lembaga amil zakat dapat terus berjalan dengan baik demi upaya merapihkan legalitas masing-masing LAZ..

Sebelumnya :
Selanjutnya :