• +62852-9938-0971

Indonesia Halal Watch Gandeng Mitra Luar Negeri Berkurban di Indonesia

Indonesia Halal Watch Gandeng Mitra Luar Negeri Berkurban di Indonesia

Partisipasi mitra luar negeri ini sangat membantu di tengah angka penularan covid-19 di Indonesia masih tinggi. 

UMMATTV JAKARTA--Indonesia Halal Watch (IHW) sukses menggandeng mitra dari luar negeri untuk berkurban di sejumlah daerah Indonesia pada tahun ini.

“Alhamdulillah IHW telah berhasil mengajak mitra luar negeri yang selama ini memiliki perhatian terhadap gerakan dan industri halal  turut join dalam program IHW berbagi untuk sesama dalam hari Raya Idul Adha,” ungkap Direktur Eksekutif IHW Ikhsan Abdullah dalam keterangannya, Rabu (29/7/2020).

Dikatakan Ikhsan, partisipasi mitra luar negeri ini sangat membantu di tengah angka penularan covid-19 di Indonesia masih tinggi. Efek dari wabah ini, pendapatan masyarakat juga sangat jauh menurun. Orientasi masyarakat fokus kepada  belanja produk kesehatan dan memperkuat imunitas tubuh agar terhindar dari virus corona.

“Maka diprediksi permintaan akan hewan kurban akan jauh menurun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, sebagai akibat dari turunnya pendapatan masyarakat,” jelas Ikhsan yang juga advokat publik ini.

Adapun mitra luar negeri yang digandeng IHW adalah Ishihara Charity Foundation. Ishihara Charity Foundation memiliki andil besar pada Japan Indonesia Economic Halal Consultant Management (JPI), sebuah Lembaga yang didedikasikan untuk gerakan halal di Jepang.

JPI telah menjalin kerjasama dengan IHW sejak tahun lalu. Kantor JPI yang terletak di Azabu Plaza 1 Chome 2-18 Minato City, Tokyo, Japan skaligus dijadikan sebagai Kantor representatif LPPOM MUI.

Pemotongan hewan kurban Indonesia Halal Watch dan Ishihara Charity Foundation akan dilaksanakan mulai 31 Juli 2020 di beberapa kota di Indonesia. Yakni Masjid Taqwa Lhong Raya (Jl. Malikussaleh, Kota Banda Aceh Provinsi Aceh), Masjid Dinul Qoyyimah (Sunter, Jakarta Utara), (Tajug An Nur Jagapura, Kecamatan Gegesik, Cirebon, Jawa Barat), Pati Jawa Tengah dan Pamengpeuk Garut Jawa Barat.

Kedepan Ikhsan menargetkan dapat menggandeng beberapa pula lembaga sertifikasi halal luar negeri yang telah bermitra dengan IHW. Seperti Sinchung Halal for Taiwan dan lembaga sertifikasi halal luar gegeri di Korea dan beberapa di kawasan Eropa.

 “Langkah kecil yang dilakukan oleh IHW semoga dapat diikuti oleh para agnia dan dermawan di Tanah Air. Apabila kesadaran ini terajut, maka dipastikan pada Idul Adha, seluruh penduduk negeri ini dapat menikmati daging qurban. Hal ini juga sebagai bagian dari partisipasi IHW dalam rangka memperkuat ketahanan pangan dan melawan Covid-19,” jelas Ikhsan.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :