Kemitraan YPWI-Fakultas Psikologi UNM: Penerapan Tes Psikologi untuk Optimalisasi Pendidikan

Kemitraan YPWI-Fakultas Psikologi UNM: Penerapan Tes Psikologi untuk Optimalisasi Pendidikan

MAKASSAR UMMATTV.COM - Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) Makassar, secara resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM). Penandatanganan MoU ini dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Psikologi UNM,Dr. H Ahmad, S.Ag., S.Psi., M.Si. Sementara dari pihak YPWI diwakili oleh Ir. Nursalam Siradjuddin, M.Pd. Acara ini berlangsung dalam rangkaian workshop kesiapan akreditasi sekolah-sekolah YPWI untuk tahun 2024, Ahad, (25/8/2024).

Sisipkan gambar ...

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan layanan psikologi yang diberikan kepada siswa, guru, calon kepala sekolah, dan orang tua. Ada tiga layanan utama yang akan dijalankan melalui kemitraan. Pertama pelayanan Tes Psikologi bagi peserta didik di Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah. Kedua pelayanan konsultasi Psikologi di Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah. Ketiga pelaksanaan psikoedukasi, penelitian dan pengembangan, pengabdian, serta menjadi bagian dalam proses Pendidikan, dalam hal ini dapat menjadi lokasi untuk Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) dan Kuliah Kerja Profesi (KKP), bagi mahasiswa di fakultas psikologi UNM.

Sisipkan gambar ...

Dalam era digital saat ini, informasi yang berkembang pesat di media sosial sering kali mempengaruhi persepsi publik. “Kerjasama ini diharapkan mampu memberikan wawasan yang lebih mendalam dan selektif dalam menerima informasi serta meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap layanan psikologi” ujar Nursalam yang juga Ketua LPYP DPP Wahdah Islamiyah.

Lebih lanjut, Nursalam menyampaiakan bahwa MoU ini juga membuka peluang untuk penelitian, pengembangan, dan pengabdian masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi UNM. Mahasiswa Fakultas Psikologi UNM akan mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dan Kuliah Kerja Profesi (KKP) di sekolah-sekolah YPWI dan LPYP di Se Indonesia. Selain itu memberikan manfaat langsung kepada peserta didik dan guru-guru melalui layanan yang disediakan.

Sisipkan gambar ...

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan proses assessment, seperti penerimaan guru baru atau calon kepala sekolah, akan menjadi lebih efektif. Kerjasama ini berlaku selama tiga tahun sejak ditandatanganinya MoU ini. Diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan kualitas layanan psikologi di lingkungan YPWI.

Melalui langkah strategis ini, diharapkan YPWI dan Fakultas Psikologi UNM dapat saling mendukung dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan psikologi di Indonesia.



Sebelumnya :
Selanjutnya :