Kreatif! Program Berlari Sambil Berdonasi Untuk Pembangunan Pesantren Pertama di Amerika Serikat

Kreatif! Program Berlari Sambil Berdonasi Untuk Pembangunan Pesantren Pertama di Amerika Serikat


 

Minggu. 4 Juni 2023, Inka Nusantara Charity Fun Run sukses diselenggarakan di FX Sudirman Jakarta serta serentak di belasan kota yang tersebar di seluruh Indonesia seperti Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Lombok Barat, Palu, Makassar, Papua dan di Connecticut Amerika Serikat.


Total ada 750 “Pelari Baik” berpartisipasi dalam acara ini dengan misi yaitu memberikan dukungan bagi Nusantara Foundation untuk merealisasikan Program Pembangunan Pesantren Pertama di Amerika Serikat.


Acara ini dibuka oleh Imam Shamsi Ali, secara live via zoom dari Amerika Serikat dan Indonesia. Sekitar 750 Pelari Baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, sport enthusiast, dan umum, bergerak serentak pada minggu pagi Pukul 06:15 WIB dengan mengusung kampanye “Tebar Cahaya Nusantara, Dari Indonesia Untuk Dunia”.


Nusantara Foundation, sebagai lembaga yang terdaftar secara resmi di New York, USA pada akhir tahun 2013 dan bergerak di bidang dakwah, pendidikan, kemanusiaan dan hubungan antar agama (interfaith) senantiasa selalu mendorong masyarakat Indonesia maupun global, untuk selalu menebar kebaikan salah satunya melalui olahraga.


“Harapannya dengan Inka Nusantara Charity Fun Run ini, program utama kami yaitu mendirikan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani sebagai Pesantren Pertama di bumi Amerika, dapat tersosialisasikan secara lebih luas dan juga mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia sehingga upaya Yayasan untuk menyebarkan dakwah dari Indonesia ke dunia internasional menjadi lebih bermakna. Di samping itu, kegiatan olahraga dengan konsep Hybrid Charity City Fun Run berskala nasional atau massive dengan melibatkan pelajar, mahasiswa dan sport enthusiast sebagai pesertanya merupakan yang pertama diselenggarakan di Indonesia,” jelas Bapak Muslim Abdullah (Ketua Yayasan Inka Nusantara Madani di Jakarta; yayasan yang didirikan di Indonesia tahun 2018 dan merupakan sister foundation dari Nusantara

Foundation).


“Virtuathlon sebagai organizing partner penyelenggaraan movement Inka Nusantara Charity Fun Run ini, menyuguhkan sebuah konsep yang Easy, Sporty and Fun dengan tetap memberikan Impact yang mana Sport - Tourism - Entertainment dikolaborasikan menjadi satu kemasan kegiatan olahraga yang menarik. Tujuannya agar semua peserta yang terlibat dapat merasakan keseruan acara berlari bersama, keseruan menikmati pemandangan kota Jakarta dan kota-kota lainnya di pagi hari serta keseruan bersama teman-teman, komunitas serta penggiat olahraga lainnya di pagi hari.

Di samping itu, konsep hybrid juga diimplementasikan dalam acara ini, agar keseruan dan campaign kebaikan yang diusung melalui acara Inka Nusantara Charity Fun Run dapat tersebar secara luas ke seluruh masyarakat Indonesia di wilayah lain melalui medium komunitas dengan tagline campaign #pelaribaik,” jelas Ramli Alrashid (Founder & CEO Virtuathlon). 

 

Acara ini juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah doorprize yang diberikan oleh para sponsor, serta satu buat paket Grand Prize Halal Trip ke Amerika Serikat yang dimenangkan oleh Itsna dari Lombok Barat yang insya Allah akan diberangkatkan pada momen peletakkan batu pertama pembangunan Masjid di area Pesantren Nur Inka Nusantara Madani, Amerika Serikat.


Target donasi untuk Program Pembangunan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani ini yaitu sebesar Rp. 700 Milyar atau setara USD 47 Juta yang akan dikumpulkan melalui berbagai channel maupun acara, salah satunya acara olahraga, yang rencananya acara Inka Nusantara Charity Fun Run ini akan diadakan setiap tahun sebagai bentuk sosialisasi dan salah satu media promosi melalui medium acara olahraga.


Rencananya dana yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk berbagai program pendidikan, sosial dan dakwah Nusantara Foundation, terutama program pembangunan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani, diantaranya Masjid Nur Ishmah, gedung sekolah, gedung pertemuan, gedung asrama, guest house Nusantara, plaza, kolam,

tempat parkir, dll.


Di samping itu, kampanye penggalangan dana ini akan terus berlangsung dan

disebarluaskan melalui semua channel, salah satunya melalui platform digital seperti Kitabisa.com dan platform lain yang bisa menjangkau masyarakat Indonesia maupun global secara lebih luas dan digitalize. 

 

Inka Nusantara Charity Fun Run ini didukung oleh berbagai pihak seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, FX Sudirman, Universitas Al-Azhar Indonesia, Fatours Travel, MetalGo, American Corner UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kauny Qur’an, Gelora Energi Wakaf, Sekolah Relawan, Sekolah Insan Cendekia Madani, PMI Kota Tangerang Selatan, Kitabisa.com, Baznas RI, Noore Sport, Zoya, Eiger, Omar Smart Brain, Bon Cabe, Kobe Nasi Uduk, Wardah, Kahf, Cheers Water,

Hardwell, Harris Suites FX Sudirman, LBA Care, Breezy Hungrypedia, Four AM Coffee, MNC Trijaya FM, Ixora Corp, Emiten News, Kalender Lari, Kalif Indonesia, Tobinpods, RIOT Indonesia, Free Runners Bandung, Semarang Runners, Sukalari Batam, Team Runners Indonesia, Bosowa Runners.


Sebelumnya :
Selanjutnya :