• +6281 1987 271

Membantu Orang Menemukan Tujuannya

Membantu Orang Menemukan Tujuannya

TUGAS seorang pemimpin adalah membantu orang untuk menemukan tujuan terbesar mereka dalam kehidupannya, yaitu tujuan hidup yang membuat semangat mereka membara dalam melakukan sesuatu. Sebuah misi atau tujuan tidak hanya memberikan arah yang jelas dalam kehidupan seseorang namun juga mengembalikan fokus mereka pada hal-hal terpenting yang harus mereka lakukan dalam kehidupan. Banyak orang tidak maksimal dalam bekerja karena mengerjakan hal-hal yang sesungguhnya tidak mereka sukai. Ketidaksukaan itu seringkali dipicu karena pekerjaan itu tidak sejalan misi atau tujuan hidupnya.

Saya pernah memiliki rekan yang sering sekali berganti pekerjaan. Setahun bisa sampai tiga kali. Saat saya tanya mengapa ia sering berganti pekerjaan maka jawabannya, "Saya mencari perusahaan yang benar-benar nyaman untuk bekerja. Sebagian besar perusahaan yang saya masuki selalu penuh dengan tekanan dan ketidakadilan." Lalu saya bertanya, "Lalu tujuanmu sebenarnya apa?" Ia menjawab, "Ya mencari kenyamanan." Saya menanggapi, "Bukan itu, maksud saya apa sebenarnya hal yang sungguh nikmat dan bergairah untuk kamu lakukan dalam hidupmu? Apakah kamu bergairah mengerjakan pekerjaan di bagian produksi ini? Ada tidak hal lain yang sebenarnya ingin kamu lakukan tapi kamu selalu menepis pikiran tentang hal itu karena tampaknya hal itu tidak realistis dan tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupmu saat ini." Ia terdiam sejenak, Setelah hampir satu menit berpikir lalu ia menjawab, "Sebenarnya saya ingin sekali menjadi pengajar tahsin Al-Qur'an bagi mereka yang membutuhkannya." Saya kaget mendengar jawabannya lalu saya respons, "Masya Allah, mulai hari ini kamu harus beralih profesi menjadi pengajar tahsin. Bila kamu tidak segera melakukannya, maka kamu tidak akan pernah puas dengan pekerjaan apapun yang kamu lakukan." Saya melihat dia seperti agak terlompat dan begitu bergairah melihat tujuan utamanya.

Ya, setiap kita memiliki panggilan jiwa masing-masing untuk melakukan suatu hal yang sangat menyemangati dan menggairahkan kita. Saat menemukan tujuan atau misi yang jelas dalam kehidupan, kita akan menjadi lebih totalitas dalam melakukan sesuatu. Misi dan tujuan hidup yang jelas memiliki pengaruh yang sangat besar bagi seseorang.

1. Misi atau tujuan itu akan memperjelas apa hal yang sungguh penting bagi seseorang.

2. Memberi fokus atau kejelasan dalam hal-hal yang akan ia lakukan dalam kehidupannya.

3. Membantu seseorang merancang kehidupannya sendiri, bukan justru mengharapkan rancangan dari pihak luar.

4. Membimbingnya dalam pengambilan keputusan harian terkait mana hal yang prioritas dan mana yang tidak.

5. Memberikan keyakinan yang lebih besar dalam meraih keberhasilan.

Bila orang memang menginginkan pekerjaannya yang sekarang bersama Anda berarti mereka akan menjadi lebih siap untuk diarahkan dan didukung oleh Anda dalam meraih keberhasilan bersama Anda. Dan bila sebaliknya mereka memutuskan untuk melakukan hal lain yang lebih menggairahkan semangat mereka dimana akhirnya mereka meninggalkan Anda tidak masalah, bahkan itu sangat meringankan Anda. Mengapa? Karena orang yang hanya bekerja dengan fisiknya, tidak dengan pikiran dan hatinya, tidak akan pernah berkontribusi maksimal dalam pekerjaannya.

Inilah saatnya untuk membantu tim Anda memastikan misi dan tujuan dalam kehidupan mereka. Apakah benar-benar sudah mengambil keputusan bulat untuk meraih keberhasilan bersama Anda atau memilih jalan lain yang menurut mereka lebih baik untuk dipilih. Bila kita benar-benar menghargai tim kita, maka membantu mereka menemukan jalan keberhasilan adalah salah satu hal bernilai yang bisa kita lakukan untuk mereka. Kita tidak ingin memaksakan orang untuk mengerjakan hal-hal yang tidak mereka sukai.  (Bambang Triyawan)

Sebelumnya :
Selanjutnya :