MEMBERI SEMANGAT ITU OBAT DAN SEPARUH KESEMBUHAN

MEMBERI SEMANGAT ITU OBAT DAN SEPARUH KESEMBUHAN

Penulis : Ades Satria

Ummattv, Sebut saja Aisyah, seorang gadis yang beranjak dewasa, pagi itu diantar ibunya ke rumah sakit untuk melakukan cek up medis rutin, berkonsultasi dengan dokter yg biasa menanganinya. 

Sakit Aisyah memang belum terlalu lama. Ia sudah bolak balik dan beberapa kali dirawat di rumah sakit. Ia ditangani oleh 4 dokter spesialis yg berbeda. Sehingga harus mengatur jadwal dokternya yg akan memantau perkembangan kondisi kesehatannya. 

Aisyah yg bercita cita menjadi guru itu ingin sekali sembuh dari penyakit yg dideritanya. Terkadang ia cemas, memikirkan penyakitnya yg tak kunjung sembuh. Ia jalani hidupnya utk berjuang agar tetap tegar dan mencoba bersabar.  

Saat menyampaikan konsultasi, dokter itu bukannya memberi harapan, tapi malah menakuti nakutinya dg sesuatu yg bakal terjadi tentang masa depannya. 

"Kamu ini bisa mandul. Bisa lumpuh seumur hidup dan mati," kata dokter itu julit. 

Begitukah tugas dokter dalam menangani pasiennya?  Bukannya memberi motivasi dan semangat utk bangkit dan bertahan hidup. Tapi malah menjatuhkan mental gadis yg masih bermanja manja dg mamanya itu.  Seakan hidupnya tak lama lagi.  

Tugas seorang dokter memang menyampaikan apa adanya apa yg dia ketahui berdasarkan ilmu kedokterannya.  

Tapi perlu diingat, bahwa seorang dokter bukan hanya mengobati dan menyembuhkan fisik pasiennya. Tapi juga mental dan spritualnya. 

Sbg manusia,  kita hanya bisa berikhtiar dan berdoa. Kesembuhan bukanlah semata dari obat atau tindakan medis dari seorang dokter.

Memberi ketenangan dan semangat serta motivasi adalah separuh kesembuhan dan bisa menjadi obat penenang. Itulah yg seharusnya dilakukan seorang dokter dan terapis apapun pada pasiennya. 

Dokter bukanlah Tuhan yg menentukan takdir,  masa depan dan kematian manusia. Dokter pun juga bisa sakit dan mati. Karena itu bantulah dg doa dan dorongan semangat dan harapan. 

Aisyah tetaplah semangat,  serahkan jiwa ragamu pada Tuhan yg Maha Penyayang.  Insya Allah kamu diberi kekuatan dan ketabahan serta kesembuhan. Abaikan saja dokter spt itu. Jangan kau hiraukan dg segala yg membuatmu sedih dan tidak bahagia.  

Mari kita nikmati saja udara segar di alam terbuka sambil berdzikir pada Tuhan yang Maha Perkasa. Itu yg bisa membuatmu sehat, menguatkan imun dan hilang segala keresahan dan ketakutanmu.

Sebelumnya :
Selanjutnya :