Muhammadiyah Konsisten Cetak Kader Intelektual

Muhammadiyah Konsisten Cetak Kader Intelektual

UMMATTV BANJAR BARU--Perintah berlomba-lomba dalam kebaikan menjadi hal yang penting untuk dijadikan pedoman kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Kader IMM dipersiapkan untuk kuat dalam pemikiran dan didukung nilai-nilai kemasyarakatan. Mengapa penting? Karena keberadaan kader IMM diharapkan bisa membantu mewujudkan cita-cita Muhammadiyah. Untuk mewujudkan cita-cita itu, kader IMM harus dibekali dengan intelektualitas.

Maka, menurut Ahmad Zaini, Ketua Umum DPD IMM Kalimantan Selatan perlu adanya kegiatan madrasah intelektual sebagai upaya mencetak generasi intelektual Muhammadiyah.

Kegiatan Madrasah Intelektual diselenggarakan pada Jum’at (11/12) bertempat di Fave Hotel Banjarbaru dengan peserta terbatas dan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan ini betermakan “Internalisasi Nilai-nilai Ideologi dalam Meneguhkan Arah Keberpihakan IMM sebagai Tanggung Jawab Gerakan Kaum Intelektual”.

Disisi lain, Najih Prasetyo, Ketua Umum DPP IMM dalam sambutannya menjelaskan perihal semboyan fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan) yang seringkali diucapkan Immawan dan Immawati yang tertuang dalam Q.S Al baqarah : 148.

“Bahwa sebelum perintah dalam berlomba-lomba dalam kebaikan yang menjadi kewajiban kita semua, hendaknya juga diawali apa yang menjadi pedoman, ideologis serta pegangan kita baru kita ber-fastabiqul khairat.  Jika kita mendahulukan aspek fastabiqul khairat maka bisa jadi kita tidak mengetahui substansi apa yang sedang kita fastabiqul khairat kan,”jelasnya.

Masih di lokasi yang sama setelah dilaksanannya seremonial pembukaan dilajutkan pula dengan diskusi publik dengan mengangkat tema Serap Aspirasi UU Cipta Kerja yang dibawakan oleh beberapa narasumber yakni Najih Prasetyo, S.Hi, MH, Dr. Siswanto Rawali, M.Si, (Akademisi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin) dan Dr. H. Abd. Rochim Al Audah, (Pengamat Politik Islam). Kegiatan ini juga dibuat untuk menambah pengetahuan para kader IMM. *

Sumber: Muhammadiyah.or.id

Sebelumnya :
Selanjutnya :