Pemahaman Islam Wasathiyah Perlu Terus Ditularkan Sampai ke Akar Rumput

Pemahaman Islam Wasathiyah Perlu Terus Ditularkan Sampai ke Akar Rumput
UMMATTV,JAKARTA-Maraknya aksi teror yang beredar di masyarakat terutama sekali kerap menjadi sasaran utamanya yaitu kota-kota besar seperti Jakarta disebabkan oleh faktor pemahaman masyarakat yang sempit terhadap Islam. Untuk meminimalisir hal itu terjadi maka Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme Majelis Ulama Indonesia (BPET-MUI) menggelar acara Ngaji Kebangsaan dengan tajuk “Optimalisasi Islam Wasathiyah dalam Mencegah Ekstremisme dan Terorisme” pada Rabu (21/9/22).

Berbeda dengan sebelumnya yang sering diadakan di kantor pemerintahan, kali ini sebagaimana yang dibeberkan oleh Muhammad Syauqilah mengutip dari mui.or.id diadakan di Pesantren Motivasi Indonesia, Bekasi. Syauqilah menyebutkan diadakannya kegiatan in di pesantren karena ingin melibatkan semua stakeholder yang ada di negeri ini. “Jadi kami juga berupaya untuk melibatkan seluruh stakeholder yang ada di Republik tercinta ini,” imbuhnya yang juga menjabat sebagai Ketua BPET MUI.

Acara ini turut mengundang MUI-MUI di kecamatan karena MUI-MUI di kecamatan atau berada di level yang paling bawah lah bersentuhan langsung dengan persoalan-persoalan kebangsaaan. “Kalau BPET di pusat, ya hanya levelnya kebijakan saja kadang, tapi MUI di kecamatan itu adalah ujung tombak MUI di level Nasional,” papar Syauqilah.

Lebih lanjut Syauqilah menjelaskan tujuan diadakan acara ini adalah menularkan energi Islam Wasathiyah ke jemaah di akar rumput supaya tindakan terorisme yang mengatasnamakan agama bisa dicegah. “Kami yakin MUI sudah pada garis Islam wasathiyah, tapi bagaimana energi Islam wasathiyah itu ditularkan ke jamaah di akar rumput, itulah tugas kita bersama,” ujarnya. []
Sebelumnya :
Selanjutnya :