• +6281 1987 271

Penting Penggalangan Dana Tapi Bukan yang Terpenting

Penting Penggalangan Dana Tapi Bukan yang Terpenting

Sambil minum teh dan sarapan, tadi pagi saya sempat membaca..

Jika ukuran kesuksesan sebuah lembaga filantropi adalah jumlah penggalangan dana, kira-kira kapan ya lembaga yang masih kecil ini bisa menyalip raksasa raksasa filantropi yang sudah mencapai puluhan miliar perbulannya ?

Aarrrgghh..

Terbayang sudah kaya apa yang dikembangkannya nanti, mungkin seperti dunia bisnis.

Saya alihkan pandangan pandangan saya ke tahu isi favorit saya yang sayang kalau tidak langsung dilahap ..

Sambil melahap tahu isi, saya melanjutkan perenungan sambil mengingat ingat ..

Banyak informasi yang saya terima yang in syaa allah valid, ada lembaga yang tidak ada program tapi dapat miliaran, ada juga lembaga yang diam saja istilahnya pertahunnya dana zakatnya mencapai ratusan miliar, belum sedekah ..

Maa syaa allah luar biasa banget yaa..

Saya bercerita karena saat itu mengaturnya langsung kesaya dan saat itu program kampung sedekah sudah disetujui bantuan untuk program awal 1 miliar, tapi qadarullah batal karena satu dan lain hal.

Diluar sana banyak lembaga start up yang punya program bagus bahkan mungkin karya agung tapi terbatas berkat dukungan, mengapa tidak ada lembaga ini atau yang besar dalam membuat kompetisi antar lembaga terkait.

Para penerimanya atau yang masuk ke dalam laporan mendapatkan bantuan dana dari program sebanyak seratus juta atau puluhan juta bahkan miliar, jadi antar lembaga bisa berjalan, mekanismenya dll disepakati seperti apa.

Aaahhh keren banget ini kalau terealisasi...

dan setiap tahun diadakan jadi akan memacu semangat lembaga kecil yang masih tumbuh ini untuk membuat program yang lebih baik lagi karena dukungan penuh dari raksasa raksasa filantropi ini.

Tapi saya yakin lembaga kecil yang masih tumbuh ini, meski belum didukung dan dana belum maksimal tapi akan terus baik untuk merealisasikan program mereka.

Penggalangan dana memang penting, tapi yang perlu diingat penggalangan dana juga bukan segalanya, ada hal yang juga tidak penting dan sering terlupa, yaitu mengedukasi mustahik dan muzakki.

Di program kampung sedekah kami mengedukasi pengurus kampung sedekah ( Srikandi ) yang rata membuka kembali 15 orang per wilayah Kampung Sedekah/RW yang berasal dari wilayah itu sendiri tentang bagaimana membuat program, bagaimana melakukan penggalangan dana berbasis wilayah, bagaimana pendistribusian sampai bagaimana memperoleh dokumentasi, dan pendampingan bagaimana mengelola organisasi dan program pun rutin kami melakukan untuk mandiri wilayah.

Dan alhamdullilah Kampung Sedekah RW 7 Kelapa dua wetan ciracas jakarta timur adalah salah satu contoh kampung yang ditahun pertama dapat mengumpulkan dana sedekah mencapai -+ 200 juta dari 8 RT dengan -+ 450 kencleng / setengah dari jumlah Kepala keluarga yang ada dan semua dana telah dimaksimalkan untuk program diwilayah.

Hari ini rata rata sedekah pertahun per kampung sedekah mencapai 100an juta - 200 juta dengan jumlah Kepala keluarga yang ikut program KS ini baru mencapai 50%.

Ada impian besar dikami bagaimana kampung sedekah 20 tahun kedepan akan ada disemua wilayah diindonesia, jika hari ini baru ada 34 KS semoga 20 tahun kedepan akan ada puluhan ribu desa / RW yang menjadi kampung sedekah.

Semoga Allah mudahkan..

Kolaborasi yuk..

Yukk berjamaah..

Sebelumnya :
Selanjutnya :