Petani Lumbung Pangan BAZNAS, Lakukan Persiapan Sambut Ramadhan

Petani Lumbung Pangan BAZNAS, Lakukan Persiapan Sambut Ramadhan

UMMATTV, LAMPUNG--Belasan Petani binaan Program Lumbung Pangan Badan Amil Zakat Nsional (BAZNAS) melakukan kegiatan diskusi terkait dengan persiapan menyambut Bulan Ramadhan yang akan berlengsung 2 bulan lagi. Kegiatan ini dilakukan saat pertemuan kelompok Tani Rahayu di Desa Pujobasuki, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung, Rabu (9/2/2022). 

Oka, selaku Pendamping Program Lumbung Pangan Wilayah Lampung Tengah mengatakan, upaya ini dilakukan untuk memetakan kesiapan petani dan evaluasinya dalam mempersiapkan bulan Ramadhan tahun ini.

"Berdasarkan hasil diskusi, terkait dengan persiapan kebutuhan beras zakat fitrah. Estimasi panen akan berlangsung pada pertengahan bulan Maret - pertengahan bulan April. Adapun Kapasitas panen per 0,25 ha adalah 1.500 kg atau 1,5 ton gabah kering panen (gkp), Kapasitas gudang penyimpanan 200 ton, kapasitas produksi beras 10 ton/hari dan kapasitas oven pengering 10,5 ton per hari," ujar Oka.

Lumbung Pangan Lampung Tengah bersama dengan lokasi Lumbung Pangan wilayah lain akan bekerjasama dalam pengadaan beras zakat fitrah dalam satu koordinasi. Kesiapan masing-masing lokasi ditunjukkan dengan adanya unit produksi yang siap bekerja untuk memenuhi target dan dalam kondisi yang baik. Selain itu, langkah mitigasi apabila pelaksanaan pengadaan zakat fitrah tahun ini memiliki waktu persiapan yang singkat. Masing-masing lokasi perlu menyiapkan strategi untuk menghadapi event yang akan datang.

Lebih lanjut, Oka menuturkan selain membahas mengenai berkas zakat fitrah. Pada pertemuan kali ini juga membahas persiapan tanam labu madu.

“Selain persiapan zakat fitrah, Pendamping memberikan timeline penetapkan target terkait dengan tanam labu madu yang harus sudah tanam maksimal di tanggal 10 Februari untuk mengejar target panen di bulan April. Adapun tindak lanjut dari pertemuan kali ini adalah melakukan pemotongan bambu dan persemaian di esok hari,” tutup Oka.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :