Afabean Mahdani, Mahasiswa STIBA Makassar Raih Juara II Lomba Bahasa Arab Se-Dunia

Afabean Mahdani, Mahasiswa STIBA Makassar Raih Juara II Lomba Bahasa Arab Se-Dunia

Lomba ini bertujuan membangun penghargaan terhadap budaya Arab, mendukung pemahaman lintas budaya, dan merangsang minat belajar bahasa Arab di kalangan mahasiswa.

JAKARTA UMMATTV.COM - Di tengah rentetan libur akhir semester, perasaan euforia terasa begitu kuat bagi Alfabean Mahdani, mahasiswa semester V dan Ketua Umum Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) STIBA Makassar. Dengan doa, usaha, dan kerja kerasnya, Alfabean berhasil meraih posisi kedua dalam Lomba Peringatan Bulan Bahasa Arab se-Dunia yang diselenggarakan oleh Majma’ Al Malik Salman lil ‘Alami Li Al-Lughah Al-‘Arabiyyah bekerja sama dengan Ittihad Mudarrisi Al-Lughah Al-Arabiyyah (IMLA) Indonesia Tingkat Nasional.

Lomba ini bertujuan membangun penghargaan terhadap budaya Arab, mendukung pemahaman lintas budaya, dan merangsang minat belajar bahasa Arab di kalangan mahasiswa. Acara ini resmi dibuka pada 16 Januari 2024 dan berhasil sukses dilaksanakan dalam tiga kategori lomba, yakni Al-Ilqa, Al-Sard wa Al-Riwayah, dan Al-Khat Al-‘Araby, diikuti oleh 260 peserta dari 84 perguruan tinggi se-Indonesia.

Alfabean Mahdani, mahasiswa semester 5 STIBA Makassar, terlibat dalam kategori Al-Ilqa yang diikuti oleh 80 peserta di UIN Syarif Hidayatulllah Jakarta. Dalam penampilannya, ia memukau dewan juri dengan membawakan syi'ir berjudul "غدا يوم فصل للفريقين فاصبري" (Besok Adalah Penentu Bagi kedua Pasukan Maka Bersabarlah), dan berhasil menduduki juara kedua mengalahkan 78 peserta lainnya.

Alfabean mengungkapkan, "Penuh akan makna perjuangan dan pengalaman untuk sampai pada titik ini. Hal ini juga mengajarkan kepada kita bahwa hari libur bukanlah akhir dari perjuangan untuk santai dan bermalas-malasan, melainkan waktu untuk mengimplementasikan ilmu yang telah kita dapatkan dari para Astaziah kita."

Prestasi Alfabean Mahdani menjadi sumber kebanggaan bagi seluruh civitas akademika STIBA Makassar. Ucapan selamat dan doa terus mengalir sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian luar biasa yang telah diukirnya. Semoga prestasi ini menjadi inspirasi dan penyemangat bagi mahasiswa STIBA Makassar lainnya untuk terus bersinergi dan bersemangat dalam mengharumkan nama kampus mereka.

Sebelumnya :
Selanjutnya :