• +62852-9938-0971

(Sesi Tadabbur Qur'an) Ustadz Samsul Basri : Adz Dzariat ayat 15-16.

(Sesi Tadabbur Qur'an) Ustadz Samsul Basri : Adz Dzariat ayat 15-16.

mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; (Surat Adz-Dzariyat, Ayat 16)

Mukaddimah Tulisan

Silahkan buka surat Adz Dzariat ayat 15-16. Bacalah berulang dan tadabburilah dua ayat tersebut. Allah berfirman,

إِنَّ ٱلۡمُتَّقِينَ فِي جَنَّٰتٖ وَعُيُونٍ

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air,

ءَاخِذِينَ مَآ ءَاتَىٰهُمۡ رَبُّهُمۡۚ إِنَّهُمۡ كَانُواْ قَبۡلَ ذَٰلِكَ مُحۡسِنِينَ

mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; (Surat Adz-Dzariyat, Ayat 16)

Ayat 15 di atas adalah jaminan bahwa orang yang bertakwa, akhir perjalanan hidupnya pasti.. pasti.. pasti.. berada di dalam surga.

Tidak sulit bagi Allah untuk memasukkan kita ke surga kelak, dan Allah pun tidak bakhil untuk itu. Hanya saja saya dan anda harus Memantaskan dan melayakkan diri untuk mendapatkan jaminan masuk surga.

Salah satu bentuk kepantasan dan kelayakan menjadi ahli surga adalah dengan berbuat Ihsan selagi hidup di dunia, yaitu selagi ruh masih diizinkan bersemayam di dalam tubuh kita. Hargai dan syukuri nikmat hidup yang singkat dan sementara ini dengan Berbuat ihsan.

Berbuat Ihsan di dunia, ada tiga ruang lingkupnya. Berbuat ihsan dengan Allah. Berbuat ihsan dengan manusia. Dan berbuat ihsan dengan alam (linhkungan, hewan dan tumbuh tumbuhan).

Dalam kaitannya dengan berbuat ihsan pada manusia maka implementasinya bisa berupa:

Amalan hati yaitu dengan husnu dzhan (berbaik sangka kepada manusia terutama kepada ummat Islam) dan tidak bersu'u dzhan (tidak berburuk sangka padanya). Tidak iri, dengki dan hasad. Tidak dendam dan benci kepada manusia. Dlsb.

Amalan lisan dan perbuatan. Tidak merusak kehormatan orang lain dengan lisan dan perbuatannya. Tidak mengambil hak orang lain secara dzhalim. Tidak melakukan kecurangan dalam bertransaksi dengan manusia. Melainkan dengan lisan dan perbuatannya mendatangkan kebaikan dan kemashlahatan bagi orang lain di sekitarnya.

Amalan harta, amalan ini lah yang banyak diangkat di dalam al Qur'an yaitu harta y direzkikan disedekahkan, diinfakkan di jalan yang diridhai oleh Allah. Terutama harta yang disalurkan dalam upaya meringankan beban saudara-saudara muslim apatah lagi di musim yang sulit ekonomi seperti kondisi sekarang ini. 

Implementasi ihsan kepada manusia dalam bentuk harta inilah yang akan difokuskan pada tulisan ini melalui judul 4 Karakter ahli sedekah di dalam Al Qur'an. Tulisan ini sebagai mukaddimah saja. Insya Allah mulai besok akan kami share  4 karakter tersebut. 

Kami insan yang fakir ini berharap dengan tulisan ini dapat menggerakkan hati para muhsinin (orang-orang yang berbuat baik) untuk membantu keluarga, kerabat, anak anak yatim, fakir miskin, dhuafa, ibnu sabil, dll di sekitar tempat tinggalnya, atau mempercayakan hartanya kepada orang yang amanah untuk tujuan mulia ini.

~*~

Insya Allah bulan april ini kami akan menyalurkan paket bantuan 100 paket. Isi paket :

- Buku fikih Ibadah

- Beras 3 kg.

- Telur 1 kg

- Gula Pasir 1 kg

- Minyak Goreng 1 kg.

- kecap dan sambel 1 botol

- Teh 1 dus.

- Bererapa bungkus Indomie.

- Strong Acid water 500 ml. 

Bagi muhsinin yang ingin berdonasi melalui kami untuk meringankan beban saudara muslim terdampak isu covid-19. Kontak no kami ini : 082339219584        insya Allah 1 rupiah harta anda akan kami salurkan kepada mustahik.

Penyelenggara dana infak :

- Rumah Dakwah Qur'an (RDQ) Bogor.

- DPD WI BOGOR.

- Yayasan Sosial Amanah Berkah Insani (ABI) .

- Team EHIM STAR. 


Bagi yang ingin berdonasi melalui kami bisa transfer di sini ust :

BRI Syariah Nomor :1012801579

An. Samsul Basri :

Dan harap dikonfir bukti transfernya untuk pertanggungjawabn di hadapan Allah dan manusia.

di nomor :  082339219584


Akhukum Fillah,

Dr. Samsul Basri.

Sebelumnya :
Selanjutnya :