Ustadz Zaitun: Ramadhan sebagai Waktu yang Ideal untuk Meningkatkan Komunikasi Keluarga

Ustadz Zaitun: Ramadhan sebagai Waktu yang Ideal untuk Meningkatkan Komunikasi Keluarga

MAKASSAR UMATTV.COM - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Wahdah Islamiyah dari tahun ke tahun sebelum memasuki bulan Ramadhan mengadakan Tabligh Akbar. Dalam tabligh akbar yang berlangsung di Masjid Anas bin Malik dan Gedung Aisyah Kampus STIBA Makassar, ustaz Dr. Muhammad Zaitun Rasmin menjadi pemateri utama, membahas pentingnya merawat keluarga di bulan suci Ramadan.

MAKASSAR UMATTV.COM - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Wahdah Islamiyah dari tahun ke tahun sebelum memasuki bulan Ramadahan mengadakan Tabligh Akbar. Dalam tabligh akbar yang berlangsung di Masjid Anas bin Malik dan Gedung Aisyah Kampus STIBA Makassar, ustaz Dr. Muhammad Zaitun Rasmin menjadi pemateri utama, membahas pentingnya merawat keluarga di bulan suci Ramadan.

Ia mengajak untuk membangun komunikasi yang baik dan kelemahlembutan sebagai bekal persiapan di Ramadhan nanti.

Ustaz Zaitun menekankan bahwa Ramadhan adalah momentum ideal untuk merajut ukhuwah, terutama di dalam keluarga.

Ia mengajak para peserta untuk menjaga komunikasi dengan anak-anak dan pasangan, serta mengendalikan nafsu dan emosi sebagai bagian dari pembentukan kesabaran.

Dalam penyampaiannya, ustaz Zaitun mengajak umat Islam untuk memanfaatkan Ramadhan sebagai sarana untuk memperbaiki komunikasi dalam keluarga.

"Memberikan sapaan terbaik dan apresiasi kepada pasangan serta anak-anak menjadi langkah awal dalam memperkuat ikatan keluarga," ujarnya, Ahad (3/3/2024).

Komunikasi efektif menjadi fokus utama, dengan pesan agar menjadi terampil berbicara dan mendengarkan. Ustaz Zaitun juga mengingatkan tentang dampak negatif handphone terhadap fokus komunikasi, terutama di antara anggota keluarga.

Pemateri juga membahas pengendalian emosi, menjelaskan bahwa puasa Ramadhan dapat menjadi solusi dalam mengelola emosi, yang seringkali menjadi penyebab ketidakharmonisan dalam keluarga.

Dalam penyampaiannya, pengurus Majelis Ulama Indonesia Pusat ini menekankan perlunya menjauhi tindakan berteriak, dan mengajak untuk bersikap lemah lembut kepada anggota keluarga.

Dalam menghadapi masalah keluarga, ustaz Zaitun menyarankan untuk mendahulukan empati sebelum mencari solusi, sejalan dengan nilai-nilai Ramadhan yang menekankan pada keberempatian kepada sesama.

Tabligh Akbar ini menjadi panggung inspiratif bagi peserta untuk memperkuat ukhuwah dan keharmonisan keluarga di bulan suci Ramadan

Sebelumnya :