Wahdah Islamiyah Sumatera Barat Laksanakan Musyawarah Kerja Wilayah ke-VI

Wahdah Islamiyah Sumatera Barat Laksanakan Musyawarah Kerja Wilayah ke-VI

(Padang) Dewan Pengurus Wilayah  (DPW) Wahdah Islamiyah Sumatera Barat melaksanakan Musyawarah Kerja Wilayah (MUKERWIL) ke -VI di Aula Masjid Ikhwanul Muslimin, Air Tawar, Kota Padang pada (27/01/2024).

PADANG UMMATTV.COM Dewan Pengurus Wilayah  (DPW) Wahdah Islamiyah Sumatera Barat melaksanakan Musyawarah Kerja Wilayah (MUKERWIL) ke -VI di Aula Masjid Ikhwanul Muslimin, Air Tawar, Kota Padang pada (27/01/2024).

Musyawarah tersebut tema “Meningkatkan Soliditas dan Semangat Kolaborasi Dalam Mengatasi Persoalan Umat dan Bangsa”, dan dihadiri sebanyak 20 orang lebih kader/pengurus secara online maupun offline.

Ketua DPW Wahdah Islamiyah Sumatera Barat, Fikrul Hidayat mengatakan, Mukerwil VI ini adalah momentum untuk mengevaluasi kinerja pengurus DPW. 

“Mukerwil VI ini adalah momentum untuk mengevaluasi kinerja pengurus DPW. Tentu lewat Mukerwil ini diharapkan para pengurus bisa berfikir, dan meluangkan waktu, menuangkan seluru ide/gagasan. Sehingga bisa menghasilkan program kerja yang serius dan tidak asal-asalan.” ujar Fikrul

Dalam sambutannya, alumni Sekolah Tinggi Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar tersebut berpesan bahwa semua pengurus harus menyadari kewajiban dakwah dan berani saling mengingatkan satu sama lain.

“Mungkin para ikhwah wal akhwat menemui kesalahan-kesalahan pada diri kami, maka kami bisa sampaikan sebagaimana sabda Rasulullah Ana basyarum mitslukum. Jika ada yang kami lupa, tolong diingatkan, dan penting juga, jika menegur harus dengan cara yang baik.” ” pesan putra bugis asal Sinjai, Sulawesi Selatan tersebut

Mukerwil  mengundang pendamping dari unsur pusat Wahdah Islamiyah yakni Jayadi Hasan, selaku ketua Departemen Urusan Luar Negeri DPP Wahdah Islamiyah.

Pesan Jayadi, pelaksanaan Mukerwil adalah bagian dari sifat tawakkal, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi  wasallam

“Sebut saja peristiwa hijrah dari Makkah ke Madinah,  beliau menyiapkan segalanya, mengirim utusan dai pendahulu, menyiapkan tempat disana, memilih rute berangkat yang memutar sebelum betul-betul sampai ke Madinah, dll. Begitu banyak ibrah yang bisa diambil dari kisah hijrah yang intinya rencana atau menyusun strategi adalah bagian dari sifatnya orang-orang yang bertawakkal. “ jelas Jayadi

“Manusia tugasnya hanyalah berusaha, sedangkan usaha yang diakukan tanpa perencanaan yang terbaik adalah seolah-olah kita sedang menuju kepada kegagalan, sedangkan suatu rencana yang matang disusun dengan baik maka itu adalah 50% daripada keberhasilan.” tambah Jayadi

Mukerwil berlangsung dengan baik, para pengurus pun melaporkan setiap hasil kerja selama satu tahun di hadapan para pengurus yang kemudian ditanggapi baik dari pengurus yang lain maupun dari para orang tua dan pembina Wahdah Islamiyah Sumatera Barat. 

Kemudian setelahnya, pengurus departemen DPW Wahdah Islamiyah memaparkan program-program yang akan dilaksanakan selama setahun, ada program lama yang dilaksanakan kembali, ada program turunan yang merupakan arahan dari pengurus pusat Wahdah Islamiyah, dan ada pula program-program baru yang sudah dimusyawarahkan dengan anggota departemen untuk dimasukkan dalam rancangan program kerja.

Sebelumnya :
Selanjutnya :