YPWI Adakan Bimtek Perpustakaan untuk Peningkatan Kompetensi Pustakawan Sekolah Wahdah Islamiyah

YPWI Adakan Bimtek Perpustakaan untuk Peningkatan Kompetensi Pustakawan Sekolah Wahdah Islamiyah

Bimtek ini menghadirkan lima narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan serta Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

MAKASSAR UMMATTV.COM - Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk petugas perpustakaan di sekolah-sekolah di bawah naungannya. Kegiatan diikuti  22 peserta terdiri dari 10 peserta ikhwan , dan 12 peserta akhwat, mulai dari perwakilan PAUD, SD, SMP, SMA, hingga pondok pesantren, yang berasal dari wilayah Makassar, Gowa, Takalar, Sinjai, dan Parepare, Makassar (5-6/10).

Bimtek ini menghadirkan lima narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan serta Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Materi yang disampaikan meliputi pengelolaan perpustakaan, peningkatan kompetensi pustakawan, dan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dan informasi.

Nursalam Siradjuddin selaku Ketua  YPWI, sebagai penyelenggara. menyatakan bahwa perpustakaan merupakan kewajiban di setiap satuan pendidikan dan harus dikelola oleh tenaga pustakawan yang kompeten. "Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan pustakawan dalam mengelola perpustakaan sebagai sumber belajar dan tempat rekreasi bagi siswa," ujarnya.

Lebih lanjut Nursalam mengemukakan hasil akhir dari bimtek ini  adalah terbitnya Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) dan terakreditasinya perpustakaaan satuan.pendidikan. Dengan pelaksanaan Bimtek ini, YPWI berkomitmen untuk mendukung pengembangan perpustakaan di seluruh lembaga pendidikan yang dikelolanya, agar dapat berfungsi secara optimal sebagai sarana pendidikan.

Sebelumnya :