• +6281 1987 271

Empat Belas UPZ BAZNAS Bantu Korban Erupsi Semeru

Empat Belas UPZ BAZNAS Bantu Korban Erupsi Semeru

UMMATTV, LUMAJANG--Sebanyak 14 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS menyalurkan donasi sebesar Rp.726.792.000 juta melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pusat untuk membantu korban terdampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. 

Empat belas UPZ BAZNAS tersebut terdiri atas PT Pupuk Kaltim, Media Group, MKG, PT. BNI, ANRI, Angkasa Pura I,RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Perum Jamkrindo, Kementerian Keuangan, UPZ PPATK, Bank Victoria Syariah, Universitas Gunadarma, PT Garuda, PT Bank Permata Syariah, dan UPZ Summarecon Mall Kelapa Gading.

Penyerahan donasi secara simbolis diberikan oleh perwakilan 14 UPZ kepada Wakil Ketua BAZNAS RI Mo Mahdum, disaksikan oleh Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, di Kantor BAZNAS, Jakarta, Rabu (22/12/2021). 

Turut hadir Pimpinan BAZNAS RI Kolonel (Purn) Drs. Nur Chamdani, Sekretaris BAZNAS Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd, Deputi BAZNAS M. Arifin, serta Kepala Divisi UPZ Faisal Qosim. 


Dari Mitra UPZ hadir Ketua UPZ BAZNAS PT Pupuk Kaltim Nur Sahid, Ketua Rohis Angkasa Pura I Muhammad Setiadi Dermawan, Ketua UPZ BAZNAS Media Group Tedy Iskandar, Perwakilan universitas Gunadarma Aulia Nugraha, Ketua UPZ Summarecon Mall Kelapa Gading M. Rifai, Wakil Ketua UPZ BAZNAS PT BNI Aryanto Purwadi, Tim Penyaluran Bank Permata Nina, Staf RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Khoir, Wakil Ketua UPZ BAZNAS Kemenkeu Zakaria Khoir, Ketua Perum Jamkrindo Aribowo,Ketua UPZ PPATK Supriadi, Ketua UPZ BAZNAS Victoria Syariah Suyat, Ketua UPZ ANRI Dhani Sugiharto, perwakilan UPZ PT Garuda Ansori. 


Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh UPZ BAZNAS yang telah memberikan donasi terbaiknya untuk membantu penanggulangan bencana erupsi Gunung Semeru. 

"BAZNAS akan terus bergerak dalam tanggap bencana erupsi Semeru dengan mengerahkan tim BTB (BAZNAS Tanggap Bencana), tim RSB (Rumah Sehat BAZNAS), relawan-relawan serta BAZNAS Prov Jawa Timur yang telah banyak berpartisipasi dan banyak membantu penanganan bencana," ujarnya.   

Menurutnya, kedepan BAZNAS akan membantu pemulihan pasca erupsi dengan memberikan bantuan yang tidak menjadi tanggung jawab pemerintah seperti pembangunan Masjid, Mushala, sekolah, pesantren hingga pemberdayaan ekonomi bagi warga. 

 "Untuk pemulihan ekonomi, kami akan mengembangkan program Zmart, Zchicken, hingga program peternakan. Saat ini dana yang terkumpul sudah ada sebesar Rp 23 miliar dan kita masih terus melakukan pengumpulan donasi untuk membantu korban erupsi Semeru. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan keberkahan bagi kita semua," jelasnya. 

 Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI bidang Pengumpulan, Rizaludin Kurniawan M.Si mengatakan, BAZNAS dan seluruh UPZ berkomitmen membantu korban semeru karena adanya bencana ini dapat melahirkan kemiskinan baru. 

 “BAZNAS mengucapkan terima kasih kepada semua donatur yang berasal dari  karyawan-karyawan yang jadi UPZ BAZNAS di 14 perusahaan ini. Semoga bantuan ini menjadi amal kebaikan bagi para donatur. Kami juga berkomitmen donasi yang diberikan akan digunakan tepat sasaran dan tepat manfaat,” tegasnya.

Pada kesempaatan yang sama, perwakilan UPZ dari PT Pupuk Kaltim Nur Sahid berharap agar donasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para korban bencana.

"Saya atas nama UPZ BAZNAS berharap agar donasi ini membantu meringankan warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Semoga Allah senantiasa kemudahan dan petunjuk kepada kita semua," kata Nur Sahid. 

Dalam merespon erupsi Gunung Semeru, BAZNAS telah menyiapkan pos layanan kesehatan, pengobatan mobile, mendirikan dapur umum, dapur air, evakuasi dan operasi SAR, aksi resik serta mendirikan  Pos Layanan Psikososial Ruang Ramah Anak. Dapur umum dan dapur air juga jadi perhatian BAZNAS guna mendukung upaya membantu korban.

Salurkan bantuan Anda melalui Dompet Kebencanaan BAZNAS dengan klik baznas.go.id/donasibencana atau melalui Rekening BSI 9000.055.740, BCA 686.073.7777.*

Sumber: Baznas.go.id

Sebelumnya :
Selanjutnya :