• +6281 1987 271

Hadirnya Masjid sebagai Tanda Lekatnya Iman dan Islam

Hadirnya Masjid sebagai Tanda Lekatnya Iman dan Islam

UMMATTV, MINGGIR--Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah meresmikan Masjid Nurul Asfar Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Minggir, Kamis (6/1).

Dalam sambutannya Haedar menyampaikan rasa syukur atas peresmian Masjid Nurul Asfar. “Kami memberikan penghargaan tinggi bagi panitia, jamaah dan kaum muslimin yang sejak awal gigih dalam pembangunan ini juga pihak Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), ” tutur Haedar Nashir.

“Kalau tidak ada ruh Islam dalam diri bapak ibu dan jamaah semua tentu masjid ini tidak akan terbangun dengan baik juga kerja sama dari berbagai pihak,” lanjut Haedar.

Pada kegiatan tersebut Haedar menyampaikan bahwa bagi kaum muslimin, masjid melekat dengan keimanan, keislaman, dan dakwah juga memberi kebaikan bagi semesta alam.

“Al Quran menyebutkan sesungguhnya mereka yang memakmurkan masjid mereka itulah orang-orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, akhirat, dan tidak ada ketakutan apapun kecuali takut pada Allah. Mudah-mudahan mereka itulah orang-orang yang termasuk memperoleh hidayah,” jelasnya.

Masjid Memperkokoh Kaum Muslimin

Keberadaan Masjid, kata Haedar, penting untuk memperkokoh akidah Islam kaum muslimin. “Setiap muslim kita bersyahadat hanya kepada Allah dengan kita di masjid memakmurkannya sama dengan menegakkan tauhid kita kepada Allah menjaga Hablumminallah kita tetap hidup. Di mana Allah Maha segala-galanya. Maka kalau imannya terasah terus orang Islam itu selain Hablumminallahnya kuat, Hablumminannas nya terasah dengan baik,” terangnya.

Haedar melanjutkan bahwa tauhid  itu selalu menghidupkan Hablumminallah dan Hablumminannas. “Jadi kalau kita sering ke masjid pasti kita akan menjadi orang-orang yang merasa menjadi hamba Allah dan tidak pernah takabur dan kita akan selalu berbuat yang terbaik,” kata dia.

Bahkan, lanjut Haedar, seseorang itu bisa memiliki sikap rendah hati yang akan melahirkan jiwa tuma’ninah dan dengan ibadah kita akan selalu melakukan kebaikan.

“Semakin baik salat kita maka semakin baik perbuatan baik kita dan semakin banyak hal terlarang yang kita jauhi,” tegasnya.

Masjid Merawat Keimanan

Menurutnya, adanya masjid ini seharusnya dapat merawat akhlak para kaum muslimin. Terlebih di era digital sekarang ini makin banyak tantangan masyarakat. Pada hal yang terdekat misalnya dalam menjaga lisan.

“Mudah-mudahan dari masjid ini terpancarkan gerakan literasi juga dalam penggunaan media sosial sehingga anak-anak maupun masyarakat dapat tercerahkan dan menjaga akhlak,” pesannya.*

Sumber: Muhammadiyah.or.id

Sebelumnya :
Selanjutnya :