Komunitas Generasi Rabbani Kota Langsa Gelar I’tiqaf Qur’ani Generation

Komunitas Generasi Rabbani Kota Langsa Gelar I’tiqaf Qur’ani Generation

UMMATTV LANGSA--Komunitas Generasi Rabbani (KGR) Kota Langsa mengadakan I’tiqaf Qur’ani Generation (IQ-GEN) untuk para remaja dan generasi muda, mulai 12-13 September 2020 di Masjid Muwahhidin Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa.

Kegiatan dengan tema Menjadi Pemuda Baperan (Bawa Perubahan) Why Not!” Itu diikuti oleh 45 peserta. Turut dihadiri oleh pengurus KGR Kota Langsa dan juga Komunitas Pemuda Dakwah HAMIM Aceh Tamiang. 

Ketua Panitia, Afrizal Refo MA, Senin (14/09/2020) mengatakan kegiatan IQ-GEN ini sudah menjadi program rutin bulanan bidang Kaderisasi KGQ Kota Langsa. Adapun tujuan utamanya adalah agar anak muda sekarang dapat mengisi kegiatan dengan hal-hal yang positif. Selain itu juga untuk menambah keilmuan. 

“Para peserta yang didominiasi oleh generasi muda itu sangat antusias mengikutinya. Pasalnya mereka baru pertama kali mendapatkan materi-materi dan berdiskusi yang membahas isu keremajaan dan kekinian,” kata Refo. 

Ia menambahkan rangkaian kegiatan IQ-GEN yang dilaksanakan diantaranya penyampaian materi motivasi, yaitu bagaimana menjadi pribadi yang luar biasa sehingga membawa perubahan yang lebih baik dan bisa menjadi bekal untuk tidak terlibat pada hal-hal negatif. 

Kegiatan lainnya yaitu qiyamullail, shalat subuh berjama’ah dan diakhiri dengan muhasabah. Para peserta diajak untuk mengintropeksi dirinya masing-masing dan hampir semua peserta pun menangis dalam muhasabahnya. 

Sementara Ketua Umum KGR Kota Langsa Muhammad Affan, M.Pd.I mengatakan bahwa kegiatan IQ-GEN sangat penting dilaksanakan bagi generasi muda untuk mencharge keimanan dan menjaga kekompakan sebagai sarana kaderisasi. 

Affan juga selalu mengingatkan kepada peserta bahwa seluruh rangkaian IQ-GEN ini adalah dalam upaya membiasakan ibadah sehari-hari. Selama ini ketika dilaksanakan sendiri-sendiri timbulnya rasa malas. Sehingga pasca kegiatan IQ-GEN ini akan memberikan sesuatu yang berbeda. 

“Dari itu kami mengingatkan dan mengajak agar KGR ini harus menjadi pioneer bagi nilai-nilai kebaikan. Terutama sekali untuk nilai-nilai islami di kota Langsa,” kata Affan. 

Sementara itu Pembina KGR Kota Langsa yang juga Dosen Fakultas Syari’ah IAIN Langsa Dr. H. Awwaluz Zikri, Lc.,MA menambahkan diadakannya IQ-GEN dalam rangka men-scanning ulang sekaligus membangkitkan semangat ruhiyah para generasi muda. Ia pun berharap para peserta dapat selalu memperbaharui semangat ruhiyahnya dan kelak akan berguna di masyarakat. 

“Kepada para panitia dan peserta saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan IQ-GEN di momen iniSemoga mampu memberikan contoh dan teladan bagi pemuda-pemuda lainnya,” katanya. 

IQ-GEN juga diisi dengan tausiyah oleh Yasir Ibrahim, M.Psi. Ia mengungkapkan bahwa setiap kader harus memiliki keinginan yang besar untuk membersihkan dirinya. sehingga kualitas keimanannya bisa teruji dan dapat membuktikannya dengan amal.  

“Orang yang mampu membersihkan dirinya, maka akan memiliki niat yang tulus, selanjutnya niat yang tulus tersebut akan membakar semangatnya untuk selalu berbuat baik serta mewujudkan amal-amal sholeh,” tambahnya. 

Ia juga memotivasi para kader KGR Kota Langsa itu agar semangat mareka tidak boleh pudar dan harus selalu punya harapan akan pertolongan Allah SWT. 

Teruslah bekerja, baik dalam keadaan kenyang maupun lapar. Dan terus bekerja hingga akhirnya Allah SWT memberikan kemenangan yang besar.”

Sebelumnya :
Selanjutnya :