Krisis Air Bersih, Kampus Umar Usman Bersama Laznas Wiz Bangun Sumur Bor untuk Warga Majene

Krisis Air Bersih, Kampus Umar Usman Bersama Laznas Wiz Bangun Sumur Bor untuk Warga Majene

UMMATTV MAJENE--Meski dikelilingi lautan air, di Kabupaten Majene Sulawesi Barat, masyarakat harus berjaalan sejauh mungkin untuk mendapatkan air yang tak seberapa jumlahnya. Air bersih sulit dijangkau, ditambah lagi airnya sedikit tidak segar.

Pasca gempa, sumber air PDAM mati dan tak berfungsi lagi. Banyaknya tanah longsor, menghambat proses pengerjaan pipa. Relawan Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ)Muhammad Saddang di Majene melaporkan. Ada tiga sumur bor yang dibangun oleh WIZ, dengan kedalaman bervariasi, 6 meter, 12 meter hingga 16 meter.

Pusat pembangunan berada di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene dengan penerima manfaat sebanyak 300 jiwa. Dibuat pertama kali sejak tanggal 21 sampai 24 Februari 2021 lalu.

“Proyek ini kami manfaatkan tenaga warga sekitar. Kebetulan ada yang bisa jadi kita manfaatkan saja sekaligus bisa jadi sumber penghasilan mereka. “Alhamdulillah, warga sangat senang. Mereka tak jauh lagi mengambil air,” kata Saddang, Kamis (4/3/2021).

Dalam program ini, WIZ menggandeng Kampus Umar Usman. Mewakili pihak kampus, Asep Hendriana mengaku sangat bahagia bisa turut serta mmbantu warga Majene yang sementara berduka.

“Mungkin bantuannya tak seberapa tapi saya rasa semoga bermanfaat,” tukasnya.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :