Kunjungi Wahdah Di Jakarta, Pejabat Malaysia Ajak Kuatkan Persatuan Umat di Asia Tenggara

Kunjungi Wahdah Di Jakarta, Pejabat Malaysia Ajak Kuatkan Persatuan Umat di Asia Tenggara

Dalam kunjungan silaturrahim itu Dr. Juanda menyampaikan banyak hal berkenaan dengan perkembangan dakwah di negeri jiran Malaysia, khususnya di Serawak.

JAKARTA UMMATTV.COM - Ketua Penolong Pengarah Dakwah Jabatan Agama Islam Sarawak (JAIS), Dr. Juanda Jaya berkunjung ke Kantor Pusat Wahdah Islamiyah di Jakarta (26/02/24). Kehadirannya diterima langsung oleh Ketua Umum Wahdah Islamiyah, Ust. Zaitun Rasmin dan jajaran pengurus pusat Wahdah.

Dalam kunjungan silaturrahim itu Dr. Juanda menyampaikan banyak hal berkenaan dengan perkembangan dakwah di negeri jiran Malaysia, khususnya di Serawak. Dalam kesempatan ini beliau juga menyinggung soal hasil pertemuan para ulama di Perlis beberapa waktu yang lalu.

Sebagaimana diketahui, dua pekan yang lalu sempat dihelat pertemuan umama Nusantara oleh Rabithah Ulama dan Da'i se-Asia Tenggara yang mana Ustadz Zaitun adalah ketuanya. Pertemuan tersebut membahas persatuan umat Islam sesama pemegang manhaj Ahlus Sunnah wal Jama'ah.

Menindaklajuti pertemuan di perlis tersebut, Dr. Juanda ingin agar dari setiap daerah atau wilayah di Malaysia, ada perwakilan ulama yang dimasukkan di sebagai anggota Rabithah Ulama dan Da'i se-Asia Tenggara. Adanya keterwakilan dari berbagai daerah di Malaysia menurutnya, akan memperkuat nuansa persatuan.

Dalam pertemuan ini juga sempat dibahas rencana perhelatan Muktamar Rabithah. Dr. Juanda menyambut baik dan akan memfasilitasi jika muktamar tersebut diadakan di Serawak. Namun sebagai penghormatan, beliau juga mendukung jika diselenggarakan di Jakarta sebagai "ibukota ASEAN".

Mengakhiri perbincangan hangat tersebut, Dr. Juanda sempat menyampaikan keinginannya untuk studi banding ke lambaga-lembaga pendidikan di Wahdah Islamiyah. Semisal STIBA Makassar, salah satu kampus pencetak ribuan da'i yang tersebar di seluruh Indonesia, dan lain-lainnya. [ibw]

Sebelumnya :