KUTTAB ARUS BARU KEBANGKITAN PENDIDIKAN ISLAM

KUTTAB ARUS BARU KEBANGKITAN PENDIDIKAN ISLAM

Kuttab adalah nama untuk lembaga pendidikan dasar islam sejak dulu, tujuan didirikannya untuk menjadi tempat menyelesaikan hafalan Al-Qur’an anak-anak kaum muslimin. Prof. Dr. Raghib As Sirjani hafidzahullah dalam bukunya Madza Qaddamal Muslimun Lil ‘Alam Ishamaatu al-Muslimin fi Al-Hadharah Al-Insaniyah

Kuttab adalah nama untuk lembaga pendidikan dasar islam sejak dulu, tujuan didirikannya untuk menjadi tempat menyelesaikan hafalan Al-Qur’an anak-anak kaum muslimin. Prof. Dr. Raghib As Sirjani hafidzahullah dalam bukunya Madza Qaddamal Muslimun Lil ‘Alam Ishamaatu al-Muslimin fi Al-Hadharah Al-Insaniyah (Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia) menyebutkan bahwa salah satu sumbangsih Islam dalam dunia pendidikan adalah Al-Katatib (jamak dari Kuttab) dimana pada tempat tersebut berkumpul anak-anak kaum muslimin untuk belajar iman, adab, belajar Al-Qur’an, belajar membaca, menulis dan berhitung. 


Catatan sejarah tentang Kuttab masih tersimpan dengan rapih. Rujukan dan Aplikasi lapangan tersusun dengan sempurna. Kriteria Pengelola dan Pengembangan lembaga terkonsep dengan baik. Bahkan kurikulumnya pun disebutkan tanpa ada yang tertutupi. Diantara referensi Kuttab bisa ditemukan dalam buku Al-Katatib fil Haramain (Kuttab-Kuttab di Makkah dan Madinah). 


Dalam sejarah di Indonesia, Kuttab ternyata pernah hadir di Nusantara di masa Kesultanan Islam Siak Sri Indrapura. Bangunannya masih ada, berdekatan dengan Istana. Saat ini bangunananya sejak 2017 menjadi cagar budaya. 


Dengan dukungan para asatidzah, bermodal keyakinan berharap kebesaran, kami Kuttab Al Kahfi Indonesia hadir sejak tahun 2019. Hadir sebagai arus bagi kebangkitan pendidikan Islam. Dengan kurikulum iman sebelum al Qur’an, adab sebelum ilmu, ilmu sebelum amal. Berharap lahirnya generasi yang mulia di usia belia.


Lokasi kami di Jl. Sholeh Iskandar No. 6 RT 02/13, Cibuluh, Kec. Tanah Sareal Kota Bogor, Jawa Barat 1614. Berikut sejumlah pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh calon orangtua santri, semoga bisa bermanfaat.  


1. Apa itu Kuttab? 

Kuttab adalah lembaga pendidikan untuk anak usia 5 – 12 tahun. Berkonsentrasi pada kurikulum utama. Yaitu : Kurikulum Iman dan Kurikulum Al Qur’an


2. Waktu belajar di Kuttab? 

Di Kuttab Al Kahfi Indonesia Waktu belajar setiap Senin s/d Jum’at. Mulai kegiatan belajar pukul 07.15 WIB. Selesai pukul 12.30 wib untuk Kelas Kuttab Awwal 1-3 dan Kelas Kuttab Qonuni 1-4 pulang pukul 13.45.


3. Apakah Di Kuttab ada pelajaran umumnya? 

Kuttab Al Kahfi Indonesia mengajarkan pelajaran umum yang di UASBN kan saja, yang disesuaikan dengan tema yang dipelajari dalam kelas. Sehingga, pelajaran umum itu menyesuaikan tema yang dibahas dalam kelas. 


4. Setingkat pendidikan apakah Kuttab Al Kahfi Indonesia? 

Kuttab Al Kahfi Indonesia setingkat Usia TK B – SD kelas 6. 


5. Seperti apa kenaikan jenjang dan kelulusannya ? 

Santri Kuttab Al Kahfi Indonesia akan menerima raport setiap semester dan raport kenaikan jenjang. Anak-anak akan diberikan standar Al-Qur’an, standar ilmu dan iman setiap jenjang yang akan ditentukan oleh rapat guru untuk kenaikan jenjang. Untuk kelulusan anak-anak dinyatakan lulus jika sudah mencapai target hafalan 7 Juz dan standar iman yang ada pada laporan perkembangan yang kami sampaikan dalam raport semester. 


** 

Penerimaan Pendaftaran Santri Baru/Pindahan Kuttab Al Kahfi Indonesia 2022-2023


Bismillah,


Terbatas 45 Santri. Gelombang 2 : s/d 26 Februari 2022

Silahkan survey lokasi ke >> https://goo.gl/maps/H7JamhJ3yZ58M62cA 


Informasi Pendaftaran KLIK >> https://bit.ly/DaftarKuttabAlKahfiIndonesia2022 


#KuttabAlKahfiIndonesia

#ImanSebelumQuran

#AdabSebelumIlmu

#IlmuSebelumAmal

#MuliaUsiaBelia

Sebelumnya :
Selanjutnya :