Launching Koperasi Syariah, Wahdah Islamiyah Siap Jadi Gerbong Perekonomian Tanpa Riba

Launching Koperasi Syariah, Wahdah Islamiyah Siap Jadi Gerbong Perekonomian Tanpa Riba

Wahdah Islamiyah resmi melaunching koperasi berbasis syariah yang diberi nama Koperasi Primer Nasional Wahdah Islamiyah (KOPPRIMNAS) Bersatu Berkah Bersama.

Ummattv, MAKASSAR – Wahdah Islamiyah resmi melaunching koperasi berbasis syariah yang diberi nama Koperasi Primer Nasional Wahdah Islamiyah (KOPPRIMNAS) Bersatu Berkah Bersama.


Proses launching dilaksanakan di Aula Arafah, Asrama Haji Embarkasi Makassar, Sudiang, pada hari Ahad (27/11/2022). Launching dilaksanakan bertepatan pada hari keempat gelaran Mukernas XV DPP Wahdah Islamiyah.


Wahdah Islamiyah, dalam penuturan Pimpinan Umum Wahdah KH Zaitun Rasmin berkomitmen untuk menjalankan lembaga-lembaga keuangan syariah. Salah satunya koperasi yang diresmikan hari ini. 


“Kita upayakan, semua kader Wahdah Islamiyah bisa bergabung dengan koperasi yang kita dirikan ini,” katanya, dihadapan peserta Mukernas.


Ia menjelaskan, sejak digulirkan tiga tahun yang lalu, gerakan koperasi dijaringan Wahdah Islamiyah terus bertumbuh dan sudah mencapai 24 unit koperasi. 


“Koperasi hadir untuk memetakan potensi anggota, potensi wilayah dan memaksimalkan potensi tersebut untuk memperkuat ekonomi anggota pada khususnya dan kaum muslimin pada umumnya,” jelasnya.


Masih kata dia, membangun kemandirian ekonomi dimulai dari membangun lembaga keuangan dibawah badan hukum koperasi. Menghimpun permodalan dan maksimalisasi pendampingan terhadap usaha usaha anggota. 


“Jadi anggota memiliki peluang yang lebih besar untuk memiliki usaha yang bertumbuh dalam jaringan koperasi. Peluang pasar untuk produk produk anggota lebih terbuka lebar dalam jaringan koperasi,” tambahnya.


Beberapa kelebihan bergabung dengan koperasi ini lanjutnya adalah mendukung kemandirian ekonomi umat, mendukung gerakan ekonomi syariah, harta dikelola secara syariah, mendapatkan pemodalan dan pendampingan usaha, peluang mendapatkan potensi pasar baru, dan mendapatkan dana sosial hingga puluhan juta rupiah.


Dengan Launching ini, ia berharap bisa menjadi motivasi bagi koperasi-koperasi yang ada untuk bergerak kearah syariah. Terlebih, gerakan koperasi ini memang sangat dibutuhkan oleh para kader Wahdah Islamiyah dan kaum muslimin pada umumnya.


“Jangan ada yang keluar dari arena Mukernas ini sebelum kita semua komitmen untuk bergabung. Karena ini adalah ikhtiar kita bersama,” ajaknya. 


Laporan: TIM Media Mukernas XV DPP WI

Sebelumnya :
Selanjutnya :