Prof. Veni Hadju ENAM HARI (13)

Prof. Veni Hadju    ENAM HARI (13)

"Dan serulah manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai setiap unta yang kurus, mereka datang dari segenap penjuru yang jauh

Veni Prof: Pesan Dakwah, 13 Dzulhijjah 1445H

By: Prof. Veni Hadju

ENAM HARI (13)

Ibadah Haji waktunya hanya enam hari saja yaitu mulai tanggal 8 Dzulhijjah sampai 13 Dzulhijjah. Jadi, singkat sekali. Apalagi diwajibkan hanya satu kali seumur hidup, selebihnya sunnah. Ibadah haji juga hanya di empat lokasi yaitu Mina, Arafah, Musdalifah, dan Mesjidil Haram. Setiap musim haji, jutaan orang berdatangan dari berbagai penjuru dunia menuju satu lokasi. Ada yang datang dengan jalan kaki dan ada juga yang menempuh puluhan jam dengan pesawat terbang.

Pelaksanaan ibadah haji harus mengikuti apa yang telah dicontohkan rasulullah. Di hari pertama disebut dengan Hari Tarwiyah (persiapan) di mana para jamaah haji akan bertolak dari tempat mereka di Mekkah menuju Mina. Di tempat ini jamaah akan mabit (bermalam) dan melakukan persiapan untuk hari berikutnya. Di pagi hari, jamaah menuju Arafah dan akan melakukan Wukuf (berdiam diri) dari waktu dhuhur sampai matahari terbenam. Inilah waktu yang terbaik untuk berdoa di mana Allah turun ke bumi dan menyebut dengan bangganya satu per satu hamba-Nya. Sebagian besar jamaah larut dalam berdoa dan memohon ampun atas dosa dan kesalahan selama ini sambil meneteskan air mata.

Ibadah haji adalah rangkaian pertemuan paling spektakuler yang dihadiri jutaan manusia dari berbagai suku, bangsa, bahasa di bumi ini. Tidak ada satu pun peristiwa di dunia yang bisa mengalahkan pertemuan sebesar ini. Suatu pemandangan yang menggentarkan setiap jiwa yang merasakan bahwa mereka punya hanya satu Tuhan yang disembah, punya hanya satu Penguasa langit dan bumi, punya hanga satu tujuan (akhirat), dan punya hanya satu Kitab yang menjadi pegangan. Suasana di hari-hari pelaksanaan ibadah haji ini penuh makna yang mendalam bagi setiap insan yang bertakwa.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


وَاَ ذِّنْ فِى النَّا سِ بِا لْحَجِّ يَأْتُوْكَ رِجَا لًا وَّعَلٰى كُلِّ ضَا مِرٍ يَّأْتِيْنَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيْقٍ 


"Dan serulah manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai setiap unta yang kurus, mereka datang dari segenap penjuru yang jauh," (QS. Al-Hajj 22: Ayat 27)


LAKUKANLAH IBADAH HAJI MINIMAL SEKALI DALAM HIDUPMU DAN RASAKAN GETARAN ALLAH DALAM JIWAMU.

Sebelumnya :
Selanjutnya :