Wisuda Akbar Ponpes Tahfidzul Qur’an Wahdah Bilayya Gowa: Ka PD Potren Kemenag Gowa Hadir

Wisuda Akbar Ponpes Tahfidzul Qur’an Wahdah Bilayya Gowa: Ka PD Potren Kemenag Gowa Hadir

Atmosfer haru terasa kental dalam prosesi wisuda kali ini, terutama saat parade wisuda yang disertai oleh ibu-ibu yang mendampingi anaknya di panggung.

MAKASSAR UMMATTV.COM - Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Wahdah Islamiyah Putra Bilayya Gowa menggelar acara Wisuda Akbar dan Penammatan Santri di Convention Hall Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (FIP UNM) Tamalate, pada Ahad (23/6/2024).

Acara ini menandai kelulusan 21 santri dari tingkat Wustho (selvel SMP) dan Ulya (selevel SMA), dengan tingkat hafalan Al-Qur’an yang beragam, mencakup 30 juz, 20 juz, hingga 10 juz.

Sisipkan gambar ...

Atmosfer haru terasa kental dalam prosesi wisuda kali ini, terutama saat parade wisuda yang disertai oleh ibu-ibu yang mendampingi anaknya di panggung. Suasana penuh isak tangis tak terelakkan, menunjukkan kebersamaan dan rasa haru antara ibu dan anak setelah melalui tiga tahun pendidikan di Pondok Tahfiz di bawah naungan Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) Pusat.

Ahmad Pamujinarto, sebagai Mudir Ponpes Wahdah Islamiyah Putra Bilayya Gowa, memberikan pesan kepada para wisudawan untuk tetap mempertahankan semangat dalam menjaga hafalan Al-Qur’an dan tidak melupakan bakti kepada orang tua. "Anak yang hafal quran adalah karunia dari Allah sebagai aset yang berharga untuk bisa dijaga dengan baik" dalam sambutannya.

Sementara Abdul Hamid Hama, yang mewakili pengurus YPWI Pusat, mengajak para santri untuk menjaga silaturahim meskipun mereka tidak melanjutkan studi di Ponpes di bawah naungan Wahdah Islamiyah.

Sisipkan gambar ...

Djasri, Kepala Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kabupaten Gowa (Ka PD Potren), mengapresiasi peran penting Pondok Pesantren Wahdah Islamiyah dalam memenuhi tiga fungsi utama pondok pesantren sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019. "Selain sebagai lembaga pendidikan, pondok pesantren juga berfungsi sebagai pusat dakwah dan memainkan peran penting dalam mempererat hubungan dengan masyarakat sekitar" ujarnya.

Djasri menambahkan bahwa Ponpes Wahdah Islamiyah di Gowa adalah salah satu dari lima pondok pesantren yang mendapat pengecualian pembinaan, karena kebijakan terbuka mereka terhadap masyarakat umum. "Mereka mendorong inklusivitas dengan memperbolehkan seluruh masyarakat mengetahui dan turut berpartisipasi dalam kegiatan pembinaan santri".imbuhnya.

Sisipkan gambar ...

Kegiatan ini menggambarkan momen penting dalam kehidupan santri dan kontribusi positif Pondok Pesantren Wahdah Islamiyah dalam masyarakat Gowa, menekankan nilai-nilai pendidikan, dakwah, dan keterbukaan sebagai pilar utama keberadaan mereka.


Sebelumnya :
Selanjutnya :