• +6281 1987 271

Prof. Veni Hadju : Marhaban Ya Ramadhan

Prof. Veni Hadju : Marhaban Ya Ramadhan

Selamat Datang Ramadhan 1443H. Bulan mulia yang dinantikan sudah tiba. Kebahagiaan dan kegembiraan bagi orang-orang beriman. Begitu banyak nikmat yang dijanjikan Allah bagi ummatnya

Pesan Dakwah 1 Ramadhan 1443H


MARHABAN YA RAMADHAN

Selamat Datang Ramadhan 1443H. Bulan mulia yang dinantikan sudah tiba. Kebahagiaan dan kegembiraan bagi orang-orang beriman. Begitu banyak nikmat yang dijanjikan Allah bagi ummatnya. Nikmat tertinggi tentu disediakan surga bagi mereka yang menjalani puasa, sholat malam, sedekah, dan berbagai ibadah yang pernah dicontohkan Rasulullah dan para sahabatnya.

Alhamdulillah, semua mesjid berlomba-lomba menampilkan program terbaik di bulan yang mulia ini. Buka puasa bersama dan sholat Tarawih atau shalat malam yang mendatangkan imam dengan bacaan yang syahdu sudah direncanakan. Belum lagi dengan penceramah pilihan yang sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari. Semuanya ingin memberi pelayanan terbaik dan memudahkan para jamaah untuk meningkatkan derajat ketakwaan.

Bagi yang sakit dan musafir dan tidak bisa berpuasa ada keringanan untuk tidak berpuasa dan menggantikan di hari yang lain. Bagi yang berat melaksanakan puasa karena masalah ketuaan atau kondisi yang tidak memungkinkan untuk tidak makan seperti ibu hamil dan menyusui maka bisa membayar fidyah dengan memberi makan orang miskin. Allah memang menghendaki kemudahan dan ingin menjadikan Ramadhan adalah bulan yang berberkah bagi ummat-Nya.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Waman kaana mariidhan au 'alaa safarin fa'iddatum min ayyaamin ukhar. Yuriidullaahu bikumul yusra walaa yuriiduu bikumul 'usr. (QS Al-Baqarah 2:185). Artinya: Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (dan tidak berpuasa) maka (wajib) menggantinya sebanyak hari yang ditinggalkannya pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH RAMADHAN DAN NIKMATI BERBAGAI KEMUDAHAN DI DALAMNYA

Sebelumnya :
Selanjutnya :