Pusat Studi Sains Pascasarjana UIKA Bogor Selenggarakan Sekolah Islamisasi Sains

Pusat Studi Sains Pascasarjana UIKA Bogor Selenggarakan Sekolah Islamisasi Sains

"Dengan ilmu akan membangkitkan dan menghidupkan orang sebagaimana yang diterangkan oleh Ibnu Khaldun berdasarkan pengalaman sendiri yang di alaminya.

BOGOR  UMMATTV.COM - Pusat Studi Sains Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor sukses menyelenggarakan Sekolah Islamisasi Sains Angkatan ke 5, yang berlangsung secara hyibrid di ruang Aula PPS UIKA Bogor dan via Zoom Meeting, Ahad (25/12/2024).

Turut hadir dalam kegiatan ini sebagai Keynote Speech, Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun Bogor ustaz Hendri Tanjung, S.Si., M.M., M.Ag., M.Phil., Ph.D.

Ustaz Hendri Tanjung dalam sambutannya menyampaikan peran penting ilmu dalam menghidupkan jiwa seseorang.

"Dengan ilmu akan membangkitkan dan menghidupkan orang sebagaimana yang diterangkan oleh Ibnu Khaldun berdasarkan pengalaman sendiri yang di alaminya. Bahwa yang menghidupkan jiwa seseorang itu adalah dengan ilmu, dengan ilmu itulah juga dia berfikir dan hidup," ucapnya.

Budaya dan pendidikan pada suatu bangsa adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Ustaz Hedri Tanjung mengutip perkataan seorang filsuf muslim, Muhammad Iqbal (1877 – 1938) bahwa petingnya pondasi pendidikan yang bersesuaian dengan budaya bangsa itu sendiri.

"Menurut Iqbal bahwa pendidikan adalah sangat penting karena dia adalah budaya suatu bangsa. Antara budaya dan pendidikan tidak bisa dipisahkan. Jangan pinjam ide-ide pendidikan orang lain, karena sadar atau tidak sadar bahwa setiap budaya memiliki perbedaan dan membawa budaya sendiri," pungkasnya.

Islamisasi dalam dunia pendidikan sepatutnya menjadi bahan perhatian bagi para guru. Bagaimana menjadikan pendidikan sebagai wasilah untuk mengenalkan manusia kepada Tuhannya.

Lebih tegasnya, Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana Uika Bogor ini menyampaikan bahwa tujuan akhir dari ilmu yang sesungguhnya adalah cinta kepada Allah, alam dan juga makhluk Nya.

"Kalau kita melihat bahwa tujuan akhir dari ilmu ini adalah cinta, yang dengannya dia akan mendekatkan dirinya kepada Allah, dan menjadi cinta terhadap alam ini begitu dengan seluruh makhluk yang lainnya," tegasnya.

Kegiatan ini menyajikan 8 materi, diantaranya Islamic Worldviev (Dr. Wido Supraha, M.Si), Pendidikan Sains Islami (Dr. Wido Supraha, M.Si), Sains: Problem dan Islamisasi (Dr. Syamsuddin Arif, B.Sc., MA), Basis Islamisasi Sains (Dr. Nirwan Syafrin, B.Sc., MA), Ilmu Sosial: Problem dan Islamisasi (Dr. Budi Handrianto, S.Si., M.Pd), Ilmu Ekonomi (Dr. Hendri Tanjung, S.Si., MM., M.Ag., M.Phil), Ilmu Psikologi: Problem dan Islamisasi (Dr. Bagus Riyono, S.Psi., MA), Ilmu Alam: Problem dan Solusi (Dr. Wendi Sarman, M.Si), dan Gerakan Islamisasi Sains Hari Ini (Dr. Ugi Suharto, B.Sc., M.EC).


Sebelumnya :
Selanjutnya :