• +6281 1987 271

Wahdah Islamiyah Angkat Tema Khutbah Id: Keluarga Sebagai Pondasi Menuju Negara Hebat

Wahdah Islamiyah Angkat Tema Khutbah Id: Keluarga Sebagai Pondasi Menuju Negara Hebat

UMMATTV, MAKASSAR – Wahdah Islamiyah mengusung Tema “Keluarga Kuat, Negara Hebat” sebagai materi Khutbah Hari Raya Idul Adha 1443 H yang serentak dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia. Naskah Khutbah Idul Adha tersebut setiap tahunnya di keluarkan langsung oleh Dewan Syariah Wahdah Islamiyah, yang kemudian disebar ke seluruh khatib Wahdah di berbagai daerah. Ahad, (10/7/2022).

Perhatian mengenai keluarga dan anak adalah materi yang telah di usung oleh Wahdah Islamiyah dari dulu, beberapa tahun lalu dalam materi khutbahnya juga telah mengangkat pentingnya menjada anak dan kini mengangkat tema tentang keluarga.

“Ternyata bukan hanya anak yang penting untuk dijaga. Tapi, keluarga juga butuh dijaga dengan belajar untuk memahami agama ini. Pembahasan tentang Idul Adha, sosok yang selalu muncul adalah Nabi Ibrahim alaissalam, dalam sejarah kita tahu bahwa beliau memiliki keteladanan yang luar biasa baik untuk keluarganya dan juga ummat pada masa itu,” ujar Ustaz Yusran Anshar.

Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah tersebut menjelaskan bahwa tema keluarga ini diangkat untuk memberikan pencerahan kepada ummat akan pentingnya keluarga dalam mengatasi berbagai masalah dalam kehidupan masyarakat dan bangsa.

“Materi ini juga diangkat, sebagaimana yang kita saksikan di fenomena-fenomena akhir-akhir ini, dimana fenomena dan persoalan seperti LGBT yang sudah begitu marak dan bahkan ditampakkan secara lebih luas atau bahkan di festivalkan dan tanpa lagi memiliki rasa malu melakukan hal itu, dan juga fenomena pernikahan beda agama dan berbagai penyimpanan seksual yang lainnya serta berbagai permasalahan dalam kelurga yang terjadi di masyarakat kita,” tegasnya.

Salah satu pilar penting dalam pembagunan setiap bangsa adalah berkualitasnya keluarga, hal ini di ungkapkan oleh Sekjen Wahdah Islamiyah Ustadz Syaibani Mujiono yang menekankan pentingnya membangun ketahanan keluarga.

“Wahdah Islamiyah ingin menguatkan ketahanan keluarga dengan melihat contoh-contoh keluarga dari orang-orang yang sukses dari para Nabi dan Rasul. Karena keluarga ini adalah pilar penting dalam pembangunan ummat dan bangsa, ketika keluarga baik, kuat iman, sejahtera Insya Allah akan semakin kuat bangsa dan Negara kita. Namun, ketika keluarga itu rusak. Maka bisa saja, mudah dihancurkan suatu Negara,” ungkapnya. 

“Makanya membangun keluarga yang dilandaskan atas iman dan memikirkannya tiap saat untuk bisa berkumpul tentunya di dunia dan di akhirat. Karena memang, membangun rumah tangga atau berkeluarga itu, menjadi bagian penting dalam ajaran kita,” tambahnya.

Ustadz Syaibani Mujiono juga mengucapkan selamat berhari raya Idul Adha kepada seluruh kader dan kaum muslimin, semoga Allah menerima amalan-amalan kita.

“Taqabbalallahu Minna wa minkum wa Shalihal ‘Amal Wa Antum bikhair. Selamat merayakan hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah semoga Allah menerima seluruh amal ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini dan semoga Allah senantiasa memberikan yang terbaik bagi umat dan bangsa kita,” imbuhnya.

Reporter: Muh Akbar

Sebelumnya :
Selanjutnya :