• +62852-9938-0971

Ramadhan Hari ke-10: Jangan Berbuat Kerusakan

Ramadhan Hari ke-10: Jangan Berbuat Kerusakan

Allah tidak pernah mendzalimi manusia sedikit pun, tapi manusia lah yang berbuat dzalim terhadap diri mereka sendiri.

APA yang terjadi dengan alam adalah tanda bahwa dunia memang sudah sangat tua. Tuanya dunia, semakin diperparah dengan maksiat yang secara terang-terangan dilakukan oleh manusia. Kerusakan yang terjadi di alam, tidak datang begitu saja. Ibaratnya tak ada asap jika tak ada api yang menyulut.

Serangkaian bencana dan kerusakan yang terjadi di muka bumi bukanlah Allah timpakan secara langsung untuk membuat manusia sengsara, akan tetapi manusia lah yang menjadi sumber utama kerusakan itu sendiri.

Hal itu karena Allah ta’ala telah memberikan amanah kepada manusia sebagai khalifah di muka bumi, yang di antara tugasnya adalah untuk mengelola bumi beserta segala isinya dengan sebaik-baiknya. Allah tidak pernah mendzalimi manusia sedikit pun, tapi manusia lah yang berbuat dzalim terhadap diri mereka sendiri.

Masih banyak manusia berlaku serakah dalam mengeksploitasi alam tanpa memperhatikan lingkungan yang akhirnya berbuah derita dan nestapa

.............

Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan akibat perbuatan tangan (maksiat) manusia, supaya Allâh merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (QS Ar-Rûm/30: 41)

Sebelumnya :
Selanjutnya :